Jangan hanya dikupas bersih, ini trik ampuh agar nanas tak bikin lidah dan tenggorokan gatal

Jangan hanya dikupas bersih, ini trik ampuh agar nanas tak bikin lidah dan tenggorokan gatal
YouTube/Permana Cuy

Brilio.net - Buah nanas bisa dikonsumsi langsung ataupun diolah dulu jadi berbagai hidangan, seperti es buah, rujak, dan lain sebagainya. Nanas digemari banyak orang karena rasanya manis dan segar. Tetapi, ada pula yang tak menyukai buah ini karena bisa bikin lidah dan tenggorokan terasa gatal usai menyantapnya.

Rasa gatal di area mulut usai menyantap buah nanas diketahui bisa terjadi karena nanas belum dikupas hingga benar-benar bersih. Tak sampai situ saja, buah nanas pun memiliki zat yang jadi sumber rasa gatal lho, sehingga harus dibersihkan hingga tuntas. Dilansir dari medicalnewstoday.com, hal ini bisa terjadi lantaran nanas mengandung bromelain serta asam oksalat. Gabungan kedua zat ini akan menimbulkan rasa gatal di mulut.

Makanya, terkadang meski nanas sudah dikupas hingga bersih, buah ini masih membuat area mulut terasa gatal. Nah, biar nggak bikin gatal lagi, salah seorang warganet di akun YouTube Permana Cuy punya triknya, nih. Usut punya usut, zat penyebab rasa gatal pada nanas bisa dihilangkan dengan satu bahan dapur.

"Jangan lupa untuk hilangkan juga mata yang tertanam pada buah nanas," imbuh pemilik akun YouTube Permana Cuy, dikutip BrilioFood pada Minggu (25/2).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya