Macam-macam jamur yang bisa dimakan, enak dan menyehatkan

Macam-macam jamur yang bisa dimakan, enak dan menyehatkan
foto: pixabay.com

Brilio.net - Jamur menjadi salah satu bahan yang sering diolah untuk beragam menu makanan. Tak heran jika saat ini banyak yang memulai usaha membudidayakan jamur. Apalagi beberapa jenis jamur seperti jamur tiram dan kancing lebih cocok tumbuh di daerah beriklim tropis.

Pada Indonesia sendiri, jamur biasa digunakan sebagai lauk, pendamping sayur, atau snack. Ada juga obat-obatan yang menggunakan ekstrak jamur sebagai bahan utamanya.

Termasuk kategori makanan sehat, jamur dikenal mengandung antioksidan dan protein. Selain itu, jamur juga rendah kalori lho. Karena beragam kandungan nutrisi di dalamnya, banyak orang memilih untuk mengonsumsi jamur dan memadukannya dengan makanan lain. Selain sehat, rasanya pun lezat.

Jamur sering digunakan sebagai menu diet. Jamur menggantikan daging atau sumber protein lainnya. Namun, tidak semua jamur bisa dikonsumsi lho. Ada juga jamur yang justru mengandung racun. Jika sampai tertelan dan masuk dalam tubuh, racun tersebut justru akan mendatangkan penyakit. Jadi penting untuk mengenali terlebih dahulu jenis jamur apa yang bisa dikonsumsi.

(brl/vin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya