Modal Rp15 ribu untuk 1 bulan, ini trik bikin makanan kucing supaya cepat gemuk dan sehat

Modal Rp15 ribu untuk 1 bulan, ini trik bikin makanan kucing supaya cepat gemuk dan sehat
foto: YouTube/SAS Daily

Brilio.net - Menjaga kesehatan hewan peliharaan jadi kewajiban bagi para pemiliknya. Misalnya ketika memelihara kucing, tentu kamu harus memastikan kesehatannya agar terhindar dari penyakit. Pasalnya, kucing termasuk hewan yang rentan dengan berbagai virus menular.

Nah, kesehatan kucing ini bisa dikontrol melalui makanan yang disajikan. Makanan kucing biasanya dibuat dengan kandungan nutrisi tinggi, yang dibutuhkan untuk memenuhi asupan gizinya. Tak hanya itu, makanan kucing juga bisa menentukan berat badan dan kelebatan bulu yang tumbuh.

Pada dasarnya, banyak makanan kucing yang dijual dalam bentuk kemasan dengan variasi yang beragam. Ada makanan kering, makanan semi basah, dan makanan basah. Pemberian ketiga makanan ini biasanya disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kucing masing-masing.

Namun mengingat banyaknya kebutuhan nutrisi kucing, modal yang dikeluarkan pun cukup tinggi. Dalam sebulan saja, harga yang harus dibayar bisa mencapai Rp100-150 ribu hanya untuk makanan satu ekor kucing saja. Jumlah tersebut belum termasuk dengan perawatan lain, seperti pemberian vitamin dan grooming.

Lantas untuk menyiasati hal tersebut, sejumlah orang biasanya akan membuat makanan kucing sendiri di rumah. Dengan membuat sendiri, pengeluaran bulanan bisa lebih hemat. Namun tak perlu khawatir, meskipun terkesan murah, makanan kucing buatan ini tinggi nutrisi, sehingga bikin kucing tetap sehat dan cepat gemuk.

Nah, jika ingin membuat makanan kucing sendiri, kamu bisa meniru trik yang dibagikan pengguna YouTube SAS Daily. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya mengeluarkan modal Rp15 ribu saja untuk pakan 1 bulan. Nah, modal ini digunakan untuk membeli dua bahan dapur.

Dilansir BrilioFood pada Kamis (26/10), bahan dapur yang digunakan adalah kepala ayam dan agar-agar plain. Dalam video tersebut, dia menggunakan 1 kilogram kepala ayam seharga Rp10 ribu.

Sedangkan untuk 1 bungkus agar-agar plain, harga yang harus dibayar hanya Rp5.000 saja. Dengan takaran ini, kamu bisa membuat makanan kucing untuk satu bulan penuh.

Modal Rp15 ribu untuk 1 bulan, ini trik bikin makanan kucing supaya cepat gemuk dan sehat

foto: YouTube/SAS Daily

Untuk cara membuatnya pun cukup mudah. Pertama-tama, rebus dulu kepala ayam selama 20-30 menit sampai teksturnya lunak. Setelah itu, angkat dan pisahkan antara air kaldu dan kepala ayamnya.

Selanjutnya, haluskan kepala ayam menggunakan blender. Agar lebih mudah halus, kamu bisa menambahkan sedikit air kaldu tadi.

Saat menghaluskan kepala ayam ini, tambahkan sedikit wet food atau makanan basah (jika ada). Jika sudah, pindahkan ke dalam wadah atau baskom yang cukup besar.

Modal Rp15 ribu untuk 1 bulan, ini trik bikin makanan kucing supaya cepat gemuk dan sehat

foto: YouTube/SAS Daily

(brl/lea)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya