Nggak banyak yang tahu, bentuk daun jeruk ini bikin masakan jadi pahit

Nggak banyak yang tahu, bentuk daun jeruk ini bikin masakan jadi pahit
Cek Ketersediaan Daun Jeruk Di Rumah. |

"I find that most of the time when you buy it, these two sections fall apart from each other (Aku sering mengamati saat membeli daun jeruk, satu daun ini berasal dari dua bagian yang sudah terpisah)," jelasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Pailin's Kitchen pada Rabu (1/2).

Nggak banyak yang tahu, bentuk daun jeruk ini bikin masakan jadi pahit

foto: YouTube/Pailin's Kitchen dan YouTube/Keluarga Wijaya

Berbeda dengan daun jeruk yang posisinya bergandengan tetapi ukurannya tidak sama besar. Usut punya usut, daun jeruk beda bentuk atas dan bawah ini membuat masakan jadi pahit. Oleh sebab itu, pisahkan jenis daun jeruk tersebut dari bahan masakan lain, ya.

Alih-alih dipakai masak, daun jeruk yang ukurannya tidak seimbang ini bisa digunakan untuk kebutuhan lain, misalnya perawatan kulit dan rambut.

"Dia tetap harum seperti biasanya, tapi mengandung pahit. Jadi, kalau di rumah tidak ada, silakan dipakai karena nggak ada pilihan. Tapi jika ada pilihan seperti ini, bentuk O atau bulat, terus bentuk angka delapan, pilihlah dua ini (bulat dan angka delapan ukuran seimbang)," jelas pemilik akun YouTube Keluarga Wijaya.

Nggak banyak yang tahu, bentuk daun jeruk ini bikin masakan jadi pahit

foto: YouTube/Keluarga Wijaya

Kamu yang punya atau sedang mengelola bisnis kuliner perlu menghindari pemakaian daun jeruk jenis ini. Kalau terpaksa dan tidak ada jenis lain di rumah, bisa deh dipakai sesekali. Tapi cocoknya untuk disantap sendiri atau untuk orang rumah saja, ya.

Gimana, mulai sekarang jangan ambil daun jeruk yang pahit lagi buat masak, ya. Mengintip kolom komentar di unggahan YouTube Keluarga Wijaya, banyak warganet yang juga baru tahu soal memilih daun jeruk ini, lho. Unggahan milik YouTube Keluarga Wijaya juga sudah ditonton hingga 17 ribu kali.

"Ternyata daun jeruk juga perlu diperhatikan ketika mau dipakai untuk kuliner atau makanan. Makasih sharingnya mas," ujar YouTube Review Donk.

"daun jeruk yg bentuknya bulat dr pohon jeruk apa ya bg? apa daun pohon jeruk nipis bs dipakai buat memasak?" tanya YouTube Jan Silent Vlog.

"Wah, Bang Emmet baru tau. Biasanya tinggal beli di abang-abang di pasar, daun jeruknya," cetus YouTube Bang Emmet.

"baru ngerti kalau daun jeruk purut ada jenis yang pahit, terima kasih sudah share," imbuh YouTube nur nafi'iyah.

"Wah, saya juga baru tahu kalau ada daun jeruk purut yang pahit. Kelihatan kalau jarang masak ya, hahaha," ungkap YouTube Kak Mora Berkisah.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya