Cara bersihkan noda kerak membandel di oven tangkring agar kinclong lagi, cuma pakai 1 bahan

Cara bersihkan noda kerak membandel di oven tangkring agar kinclong lagi, cuma pakai 1 bahan
foto: YouTube/Lovely & Brave

Brilio.net - Zaman sekarang, alat untuk memasak memang sudah banyak sekali jenisnya. Bahkan, tak sedikit alat masak yang dilengkapi dengan teknologi canggih untuk memudahkan proses masak. Seperti alat panggang, selain oven listrik, sekarang pun sudah tersedia air fryer yang selain bisa dipakai memanggang, alat ini bisa pula berfungsi sebagai alat penggorengan tanpa minyak.

Namun, bagi sejumlah orang, alat masak canggih tersebut bisa dibilang berlebihan karena biaya yang dikeluarkan juga pastinya nggak sedikit. Sehingga, masih banyak yang setia dengan alat masak lama, salah satunya oven tangkring. Nah, oven ini tak membutuhkan tenaga listrik sama sekali, lho. Hanya dengan api kompor, oven tetap bisa dipakai memanggang aneka makanan lezat.

Lantaran sering dipakai, pastinya oven tangkring mudah sekali kotor. Jika tak dibersihkan secara rutin, noda lemak, minyak, atau bahan makanan lainnya bisa berkerak dan membandel di permukaan maupun bagian dalam oven tangkring. Kalau hanya dibersihkan pakai sabun saja, kerak yang sudah membandel ini memang sulit sekali hilang.

Rupanya, ada satu bahan sederhana yang bisa dimanfaatkan untuk membersihkan noda kerak membandel di oven tangkring, lho. Cara membersihkan oven tangkring ini sempat dibagikan oleh warganet lewat akun YouTube Lovely & Brave. Menurutnya, selain bahan yang sederhana, caranya juga mudah untuk dipraktikkan.

"Sering saya gunakan, ovennya jadi kotor, kekuningan karena banyak timbunan lemak, minyak, juga kerak-kerak dari sisa adonan yang saya buat. Karena sering dipakai untuk membuat kue, bahan ini juga pasti aman digunakan untuk membersihkan," jelasnya dikutip BrilioFood dari YouTube Lovely & Brave, Selasa (31/1).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya