Nggak hanya kedelai, ini 6 jenis tempe dari berbagai bahan

15 / 06 / 2021 10:02 WIB Shahfara Raida
Nggak hanya kedelai, ini 6 jenis tempe dari berbagai bahan
foto ilustrasi: freepik.com

Brilio.net - Tempe sudah menjadi menu makanan andalan khas Indonesia sejak lama. Sangat mudah menemukan masakan yang menggunakan tempe, mulai dari tumisan, berkuah, bakar, pepes, dan lain-lain. Tempe juga termasuk bahan makanan yang mudah diolah dan tidak memerlukan waktu lama.

Tempe umumnya dibuat dari kedelai, kemudian diproses dengan cara difermentasi oleh rizopus oligosporus atau ragi tempe. Tentang sejarahnya, bahan makanan yang satu ini dianggap diciptakan pertama kali di Provinsi Jawa Timur. Pengolahan tempe sudah berjalan sejak abad 18 yang lalu hingga sekarang.

Penciptaan tempe nggak lepas dari pengaruh bangsa China yang membawa teknik membuat tahu ke Indonesia. Sehingga, kemudian bangsa Indonesia mengadaptasi cara membuatnya, sehingga jadilah tempe seperti yang sering kita nikmati sekarang. Makanan yang satu ini juga juara manfaatnya untuk kesehatan.

Tempe dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, mencegah osteoporosis, meningkatkan imun, dan manfaat lainnya. Jenis tempe ternyata beragam, lho. Nggak hanya kedelai, berikut ini enam jenis tempe dari berbagai bahan yang telah dihimpun Brilio Food dari berbagai sumber pada Selasa (15/6).

1. Tempe gembus.

6 jenis tempe dari berbagai bahan  berbagai sumber

foto: Instagram/@dkwardhani

Tempe gembus, atau disebut juga dengan menjes merupakan tempe yang dibuat menggunakan ampas tahu. Seperti tempe pada umumnya, rasanya begitu gurih, namun tempe ini memiliki tekstur yang lebih empuk, lho. Seperti tempe dari kedelai, tempe yang satu ini juga banyak dikenal di sejumlah kalangan masyarakat.

2. Tempe bongkrek.

6 jenis tempe dari berbagai bahan  berbagai sumber

foto: Instagram/@mondokanbersatu

Yang satu ini merupakan tempe khas Banyumas, Jawa Tengah. Uniknya, tempe bongkrek ini dibuat dari kombinasi kedelai dan ampas kelapa, lho. Jika ingin membeli tempe jenis ini, sebaiknya memilih tempe yang kondisinya masih segar.

Sebab, tempe bongkrek cenderung mudah ditumbuhi bakteri karena mengandung banyak lemak. Bakteri tersebut bisa berisiko membuat keracunan, sehingga penting untuk memperhatikan kondisi tempe bongkrek dengan seksama sebelum membelinya.

3. Tempe koro.

6 jenis tempe dari berbagai bahan  berbagai sumberfoto: Instagram/@nath.tasa

Tempe koro dikenal juga dengan nama tempe benguk, dipercaya berasal dari Yogyakarta. Sesuai dengan namanya, tempe ini terbuat dari kacang koro atau benguk, sehingga memiliki warna kecokelatan dan tekstur yang lebih keras. Cara memasak tempe ini biasanya dengan digoreng, sebelumnya juga bisa ditambahkan tepung terlebih dahulu agar rasanya lebih gurih lagi.

4. Tempe lamtoro.

6 jenis tempe dari berbagai bahan  berbagai sumber

foto: Instagram/@yulianamenjoi

Tempe lamtoro juga dikenal sebagai tempe mlanding, berasal dari Jawa Tengah, lebih tepatnya di daerah Mojoputo, Wonogiri. Tempe ini dibuat dari kacang lamtoro, rasanya lumayan unik dan tidak segurih tempe yang dibuat dari bahan lainnya. Tempe lamtoro sedikit berlemak dan memiliki tekstur yang cukup lembek.

5. Tempe kacang merah atau kacang hijau.

6 jenis tempe dari berbagai bahan  berbagai sumber

foto: Instagram/@ambrivalence

Tempe yang diolah dari kacang merah maupun hijau ini dapat dengan mudah ditemukan baik di Jawa Tengah maupun Jawa Timur. Tempe ini dapat diolah menjadi berbagai masakan, seperti digoreng maupun dimasak dengan kuah santan pedas.

6. Tempe kedelai.

6 jenis tempe dari berbagai bahan  berbagai sumber

foto: freepik.com

Tempe yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi eksistensinya. Bahkan, tempe dengan bahan kedelai sudah begitu dikenal di berbagai negara, selain karena rasanya yang lezat, juga karena kandungan gizinya yang baik untuk kesehatan. Beberapa negara pun sudah banyak yang mengadaptasi tempe untuk diolah sendiri di negara mereka, seperti Jepang dan Belanda.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Meatloaf Wellington

  • Ayam Budu Budu

    Ayam Budu Budu

  • Kue Sus

    Kue Sus

  • Bistik Selat Solo

    Bistik Selat Solo

Review

Selengkapnya