Pahami gejalanya, ini penyakit yang diakibatkan amoeba masuk ke tubuh

Pahami gejalanya, ini penyakit yang diakibatkan amoeba masuk ke tubuh
Pixabay.com

Brilio.net - Beberapa tahun lalu, media sosial gempar dengan pemuda yang terinfeksi oleh amoeba pemangsa otak usai berenang di kolam renang terbengkalai. Amoeba yang umumnya hidup di air tawar hangat, telah menyebabkan kerusakan otak yang fatal pada beberapa kasus yang terisolasi. Kejadian ini memunculkan peringatan serius tentang bahaya amoeba pemangsa otak, dan pentingnya perawatan serta pemeliharaan kolam renang, untuk mencegah infeksi serupa di masa depan.

Amoeba pemakan otak atau Naegleria fowleri, biasanya hidup di lingkungan air tawar hangat seperti danau, kolam renang, atau sumber air lain yang tidak terkena sinar matahari langsung. Mereka juga dapat ditemukan di tanah, lumpur, atau air limbah yang terkontaminasi. Amoeba ini bergerak dengan cara membentuk pseudopodia, yaitu ekstensi sel yang menyerupai kaki yang digunakan untuk bergerak dan menangkap makanan.

Lingkungan yang kurang bersih dapat menjadi tempat penumpukan bakteri dan kuman, yang dapat menyebabkan infeksi kulit, pernapasan, atau masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, penting untuk selalu memperhatikan kebersihan pribadi, menghindari kontak dengan air yang tidak bersih, dan mengambil langkah-langkah pencegahan lainnya. Cuci tangan secara teratur dan menghindari makanan atau minuman yang tidak bersih.

Selain dapat menyerang otak,berikut ini jenispenyakit yang diakibatkan oleh amoeba yang masuk ke tubuh. Brilio.net melansir dari berbagai sumber, berikut ini ulasan lengkapnya, Selasa (7/5).

(brl/psa)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya