Sembuh dari kanker, ini 5 makanan yang dihindari Andien

23 / 07 / 2021 17:04 WIB Intan Palupi
Sembuh dari kanker, ini 5 makanan yang dihindari Andien
YouTube/@Andien Aisyah

Brilio.net - Andien Aisyah ternyata pernah mengidap kanker payudara ketika berusia 16 tahun. Saat itu dirinya masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas. Demi mendapatkan kesembuhan, Andien memilih tindakan operasi.

Melalui channel YouTube-nya, Andien berbagi pengalaman saat terkena kanker payudara. Saat Andien menanyakan kepada dokter apa penyebab dari penyakit yang ia derita, menurut dokter penyebabnya adalah dari pola makan.

Setelah operasi berjalan lancar, Andien pun langsung menjalani pola hidup sehat. penyanyi bersuara merdu itu mengubah kebiasaannya menjadi lebih baik lagi. Mulai dari rutin berolahraga, tidak rokok, dan lain-lain. Selain itu Andien juga mengaku menghindari beberapa makanan lho.

"Saya masih kecil banget, saya taunya orang-orang yang terkena kanker itu yang usianya sudah 30 tahun ke atas atau 35 tahun ke atas, terus saya nggak ngerokok, saya nggak minum alkohol. Positif saat itu dokter bilang karena makanan," tutur Andien Aisyah dikutip dari akun YouTube @Andien Aisyah.

Wanita 35 tahun itu pun tak lupa berbagi tips soal makanan apa saja sih yang ia hindari demi menjaga kesehatannya pasca terkena kanker. Berikut Brilio Food rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (22/7).

1. Makanan cepat saji.

andien kanker  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Makanan cepat saji adalah salah satu hidangan yang dihindari Andien Aisyah. Dilansir dari aetnainternational.com, salah satu penyebab kanker adalah berat badan yang berlebih. Mengurangi makanan cepat saji tidak hanya dapat membantu mengurangi risiko kanker, tetapi juga dapat membantu mempertahankan berat badan tetap sehat.

2. Alkohol.

andien kanker  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Melalui channel YouTube-nya, Andien juga mengatakan supaya menghindari alkohol. Dilansir dari aetnainternational.com, jika ingin hidup sehat, sebaiknya memang harus menghindari alkohol. Minuman alkohol memang dapat menyebabkan kanker. Beberapa kanker yang disebabkan oleh alkohol seperti kanker mulut, tenggorokan, kerongkongan, payudara, hati, lambung, dan usus.

3. Gorengan.

andien kanker  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Gorengan banyak mengandung minyak dan lemak. Dilansir dari nhs.uk, minyak mengubah struktur dan fleksibilitas membran sel di seluruh tubuh. Terlalu banyak minyak di tubuh dapat menyebabkan sejumlah penyakit seperti kanker.

4. Tidak makannasi putih.

andien kanker  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Andien Aisyah sendiri menghindari nasi untuk membatasi gula. Makanan sejuta umat ini memang mengandung gula tinggi. Andien mengganti asupan karbohidratnya dengan kentang dan ubi.

Dilansir dari mdanderson.org, mengonsumsi terlalu banyak gula dapat menyebabkan penambahan berat badan. Berat badan berlebih atau obesitas dapat membuat risiko lebih tinggi terkena kanker dan penyakit lainnya.

5. Makanan berlemak.

andien kanker  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Terakhir menurut Andien, ia juga menghindari makanan yang berlemak. Dilansir dari aetnainternational.com, jika terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, kadar kolesterol darah akan terus meningkat lalu bisa menyebabkan obesitas. Salah satu pemicu kanker adalah obesitas.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Tim Ikan Kakap Merah

  • Kentang Balado Petai

    Kentang Balado Petai

  • Bakwan Sayur

    Bakwan Sayur

  • Ayam Goreng Sambal Kuning

    Ayam Goreng Sambal Kuning

Review

Selengkapnya