Sering dipercaya, ini 5 mitos seputar makanan untuk ibu hamil

23 / 07 / 2021 20:03 WIB Shahfara Raida
Sering dipercaya, ini 5 mitos seputar makanan untuk ibu hamil
foto ilustrasi: pixabay.com

Brilio.net - Saat hamil, nampaknya masih banyak beredar mitos di kalangan masyarakat seputar kehamilan. Misalnya, bentuk perut ibu hamil bisa memprediksi jenis kelamin bayinya. Padahal, hal tersebut belum tentu benar jika tidak dilakukan tes secara medis.

Selain itu, ada pula mitos-mitos seputar apa saja yang boleh dan tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Nah, bila seputar hal ini, biasanya orang-orang bisa sangat ramai membicarakannya. Padahal, para ahli maupun dokter belum tentu mengatakan hal yang sama.

Makanya saat hamil, sebaiknya mengikuti anjuran dokter maupun para ahli. Apalagi seputar nutrisi yang harus dikonsumsi selama hamil maupun saat bayi sudah lahir untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut lima mitos tentang makanan untuk ibu hamil, dilansir Brilio Food dari berbagai sumber pada Jumat (23/7).

1. Makanan berwarna cerah bisa bikin kulit bayi lebih cerah.

5 Mitos tentang  Pixabay

foto: pixabay.com

Makanan berwarna cerah seringkali disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Misalnya seperti sarang burung walet, tahu, dan produk-produk kedelai lainnya sering dianggap bisa mencegah bayi lahir dengan kulit yang gelap.

Padahal, fakta yang dilansir melalui babybonus.msf.gov.sg, warna kulit itu genetik, sehingga tidak ada makanan apapun yang bisa mempengaruhi warnanya.

2. Beberapa makanan bisa bikin keguguran.

5 Mitos tentang  Pixabay

foto: pixabay.com

Mitos yang satu ini sepertinya sudah sangat sering didengar oleh semua orang. Makanan seperti buah pepaya dan nanas dianggap bisa membuat keguguran. Padahal, belum ada kasus yang didokumentasikan sebelumnya mengenai keguguran akibat konsumsi makanan tertentu. Jadi, buat para bumil, nggak perlu khawatir ya.

3. Susu full cream lebih sehat.

5 Mitos tentang  Pixabay

foto: pixabay.com

Sejumlah orang percaya jika susu full cream lebih sehat dibandingkan jenis susu lainnya. Padahal, semua jenis susu mengandung nutrisi-nutrisi baik di dalamnya. Sehingga, tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan.

4. Sejumlah herbal dikonsumsi ibu hamil bisa bikin bayi lebih pintar.

5 Mitos tentang  Pixabay

foto: pixabay.com

Sejumlah herbal atau suplemen yang dipasarkan khusus untuk ibu hamil sebenarnya belum ada bukti ilmiahnya kalau bisa bermanfaat untuk bayi, misalnya membuatnya lebih pintar. Jadi, jangan terlalu termakan marketing, ya.

5. Ibu hamil harus makan sebanyak 2 porsi.

5 Mitos tentang  Pixabay

foto: pixabay.com

Ibu hamil dianggap harus makan lebih banyak, karena ada bayi di dalam janin yang harus diberi makan juga. Padahal, hal ini hanya mitos belaka. Sebaiknya, ibu hamil makan secukupnya namun tetap memilih bahan makanan yang bernutrisi agar tetap bermanfaat untuk ibu maupun bayi di dalam kandungan.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Tim Ikan Kakap Merah

  • Kentang Balado Petai

    Kentang Balado Petai

  • Bakwan Sayur

    Bakwan Sayur

  • Ayam Goreng Sambal Kuning

    Ayam Goreng Sambal Kuning

Review

Selengkapnya