Tak banyak yang tahu, 7 sayuran ini nggak boleh disimpan di kulkas

02 / 10 / 2021 12:32 WIB Nisa Akmala
Tak banyak yang tahu, 7 sayuran ini nggak boleh disimpan di kulkas
foto ilustrasi: unsplash.com

Brilio.net - Selama ini banyak yang beranggapan jika kulkas adalah tempat paling baik untuk menyimpan berbagai bahan makanan, terutama sayur dan buah. Suhu dingin pada kulkas memang bisa menjaga kesegaran buah dan sayuran. Kulkas juga bisa membuat daging dan ikan awet dalam waktu lama.

Tapi, tahukah kamu kalau nggak semua jenis buah dan sayuran bisa disimpan dalam kulkas? Ada beberapa sayuran yang tidak dianjurkan disimpan dalam lemari es. Alih-alih jadi awet, sayuran-sayuran tertentu yang disimpan dalam kulkas justru bisa memberikan efek buruk pada makanan lain.

Tak hanya itu, beberapa jenis sayuran rupanya memang sensitif terhadap suhu dingin. Kandungan nutrisi pada sayuran pun bisa hilang jika disimpan dalam kulkas. Oleh karena itu, beberapa sayuran ini dianjurkan untuk disimpan pada suhu ruang.

Dilansir BrilioFood dari berbagai sumber pada Sabtu (2/10), berikut tujuh jenis sayur yang ternyata nggak boleh disimpan di dalam kulkas.

1. Bawang-bawangan.

Sayuran tidak boleh di kulkas  unsplash

foto: unsplash.com

Bawang-bawangan seperti bawang putih, merah dan bombai tidak boleh disimpan dalam kulkas. Menyimpan bawang bombai dalam kulkas bisa mengubah teksturnya jadi lembek, kusam dan cepat berjamur. Sedangkan untuk bawang putih dan merah membuat tunasnya cepat tumbuh, teksturnya berubah kenyal dan kusam.

Rasa pada bawang putih dan bawang merah pun akan berubah jika disimpan dalam kulkas. Simpanlah bawang-bawangan tersebut di tempat yang kering dengan sirkulasi udara baik. Namun hindari dari sinar matahari langsung ya.

2. Tomat.

Sayuran tidak boleh di kulkas  unsplash

foto: unsplash.com

Suhu dingin pada kulkas bisa membuat tomat cepat keriput dan menghilangkan kandungan airnya. Tak hanya itu, kulkas juga bisa menghambat proses pematangan tomat. Penelitian dari University of Florida menyebutkan, jika mendinginkan tomat bisa berpengaruh terhadap berkurangnya aktivitas gen, terutama yang menghasilkan enzim yang membuat tomat jadi manis dan segar.

3. Mentimun.

Sayuran tidak boleh di kulkas  unsplash

foto: unsplash.com

Kebiasaan menyimpan timun di dalam kulkas rupanya kurang tepat lho. Pasalnya, mentimun merupakan salah satu sayuran yang sensitif terhadap suhu dingin. Hasil penelitian yang dilakukan Univeritas California menyebutkan timun akan cepat rusak jika berada di bawah suhu 10 derajat celcius.

Jika harus disimpan di dalam kulkas, maka tempatkan timun di bagian yang tidak terlalu dingin. Mencuci timun dan keringan dengan handuk, kemudian disimpan dalam kantong plastik bisa membuat timun tahan lama.

4. Kentang dan ubi.

Sayuran tidak boleh di kulkas  unsplash

foto: unsplash.com

Udara dingin dan lembap di dalam kulkas bisa merusak tekstur dan rasa pada kentang dan ubi. Pati yang terkandung dalam kentang dan ubi juga lebih cepat terurai menjadi gula sehingga rasanya terasa manis menyengat. Tekstur lembutnya juga berubah jadi lebih kasar dan keras. Cara terbaik menyimpan kentang dan ubi adalah di dalam lemari makanan.

5. Labu.

Sayuran tidak boleh di kulkas  unsplash

foto: unsplash.com

Tahu kah, kamu kalau labu termasuk jenis sayuran yang nggak boleh disimpan di dalam kulkas? Labu yang dalam keadaan utuh jika disimpan di kulkas justru bisa cepat busuk.

Jika mau menyimpannya di dalam kulkas, kamu harus memotongnya terlebih dahulu dan meletakkan di dalam wadah kedap udara. Kamu cukup menyimpan labu utuh di lantai beralaskan kain dan tidak terkena sinar matahari.

6. Terong.

Sayuran tidak boleh di kulkas  unsplash

foto: unsplash.com

Terong rupanya juga merupakan jenis sayuran yang sensitif terhadap suhu dingin. Dilansir dari The Kitchen, terong sebaiknya disimpan di tempat sejuk dan kering. Terong yang disimpan di dalam lemari es justru nggak bisa tahan lama. Menyimpan terong di dalam kantong plastik juga bisa bikin cepat membusuk lho.

7. Daun-daunan.

Sayuran tidak boleh di kulkas  unsplash

foto: unsplash.com

Banyak yang mengira, kalau menyimpan sayuran-sayuran bisa menjaga warnanya tetap hijau dan segar. Tapi ternyata, hal tersebut nggak berlaku bagi sayuran daun-daunan ini. Menyimpan daun bawang, daun kemangi, daun seledri, daun salam dan daun peterseli dalam kulkas justru nggak dianjurkan.

Jika disimpan dalam kulkas, daun-daunan tersebut akan menyerap bau-bauan dari makanan lain, sehingga aromanya tak wangi lagi. Jika terpaksa harus menyimpan di dalam kulkas, kamu perlu membungkus daun-daunan tersebut dengan alumunium foil. Daun-daunan tersebut juga bisa tetap awet jika di rendam dalam air.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Pizza Brust Teflon

  • Macaroni Fruits Salad

    Macaroni Fruits Salad

  • Pandan Floating Island

    Pandan Floating Island

  • Donat Bomb Brulee

    Donat Bomb Brulee

Review

Selengkapnya