Tak banyak yang tahu, ini trik bikin cupcake agar teksturnya lembut

Tak banyak yang tahu, ini trik bikin cupcake agar teksturnya lembut
Memanggang cupcake jadi tahapan yang paling penting. |

"It's all about making it steaaamy! Anything else you want to know about making perfect muffins? (Ini semua tentang membuatnya mantap! Ada lagi yang ingin Anda ketahui tentang membuat muffin yang sempurna?)," tulisnya dilansir BrilioFood pada Selasa (8/11).

Selain harus menggunakan takaran yang pas, salah satu faktor penentu agar cupcake jadi lembut dan mengembang sempurna adalah saat proses memanggangnya. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan trik satu ini agar cupcake yang dihasilkan tidak gagal.

Setelah adonan cupcake selesai dibuat, masukkan adonan tersebut ke dalam loyang khusus cupcake yang sudah dilampisi kerta muffin. Untuk memasukkan adonan, kamu bisa menggunakan bantuan sendok atau sekup es krim agar lebih mudah.

Tak banyak yang tahu, ini trik bikin cupcake agar teksturnya lembut

foto: TikTok/@marthacollison

Tidak semua bagian loyang cupcake digunakan. Sisakan satu hingga dua tempat kosong dari loyangtersebut untuk diisi air panas. Dalam video tersebut bagian loyang yang diisi dengan air panas, tepat berada di tengah. Hal ini bertujuan untuk membuat tekstur cupcake nantinya menjadi super lembut.

Uap air panas yang dioven secara bersamaan dapat membuat cupcake yang dipanggang lebih berair, sehingga saat digigit nantinya menjadi super lembut dan mengembang sempurna. Setelah itu, langsung masukkan ke dalam oven dan panggang cupcake hingga matang. Jika sudah matang, angkat cupcake dari dalam oven lalu tiriskan.

Tak banyak yang tahu, ini trik bikin cupcake agar teksturnya lembut

foto: TikTok/@marthacollison

Jika sudah dingin, cupcake bisa dikeluarkan dari dalam cetakan dan siap dikonsumsi dengan atau tanpa aneka cream. Video berdurasi 16 detik ini sudah ditonton hingga 775 ribu kali dan disukai lebih dari 50 ribu warganet Tiktok. Kolom komentarnya pun tanggapa warganet yang baru mengetahui trik sederhana tersebut.

@marthacollison Replying to @justabitmorecinnamon It's all about making it steaaamy! Anything else you want to know about making perfect muffins? #Muffins #FoodHack #BakingHack #FoodTikTok #LearnOnTiktok Lo fi hip hop (Podcast, Vlog, Advertising, Food, Travel) - Flashinmusic

It also works if you add another dish of water into the oven, then you can fill the full tin too (itu juga berfungsi jika Anda menambahkan sepiring air ke dalam oven, maka Anda juga dapat mengisi kaleng penuh ),” ujar akun TikTok/@Pushing Pens.

“Thank you(Terima kasih),” sahut akun TikTok/@kathhleencarroll87.

Great tip(tips yang bagus),” ucap akun TikTok/@sabihaaltaf899.

Thank you for the tip(terima kasih untuk tipsnya),” tulis akun TikTok/@Marie.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya