Tak perlu diberi baking soda atau asam jawa, ini trik agar tumis daun pepaya antipahit dan tetap hijau

Tak perlu diberi baking soda atau asam jawa, ini trik agar tumis daun pepaya antipahit dan tetap hijau
foto: YouTube/Ana Chintya

Brilio.net - Daun pepaya sering dijadikan bahan andalan emak-emak untuk dimasak di rumah. Sebab, sayur satu ini dianggap punya harga ekonomis, rasanya enak, juga kaya manfaat untuk tubuh. Dilansir dari vinmec.com, daun pepaya bisa mencegah inflamasi, menstabilkan gula darah, menyehatkan rambut dan kulit, sampai mencegah kanker.

Daun pepaya juga kerap disukai karena cocok dimasak jadi aneka hidangan, mulai dari menu berkuah, lalapan, ataupun ditumis. Tumisan daun pepaya sepertinya populer di kalangan penggemar sayur, karena saat dimasak, daun pepaya ditambahkan dengan aneka bumbu, sehingga rasanya nikmat dan pahitnya semakin memudar.

Tapi, buat yang nggak kuat dengan rasa pahit daun pepaya, jangan cuma menumis pakai aneka bumbu saja. Ada sejumlah teknik masak yang bisa dipraktikkan biar rasa pahitnya hilang. Seringkali, orang-orang memanfaatkan baking soda maupun asam jawa untuk direbus bersama daun pepaya supaya pahitnya hilang.

Di samping itu, ada satu trik lagi yang bisa kamu tiru dari warganet pemilik akun YouTube Ana Chintya. Wanita akrab disapa Ana ini mengaku punya trik yang jauh lebih simpel, tapi tak kalah ampuh untuk mengusir rasa pahit daun pepaya. Bahkan, trik masak ini juga nggak bikin warna hijau daun pepaya menghilang, lho.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya