Tanpa bahan tambahan, begini cara mengolah daun pepaya agar teksturnya empuk dan antipahit

Tanpa bahan tambahan, begini cara mengolah daun pepaya agar teksturnya empuk dan antipahit
foto: YouTube/Mukminatus Ika

Brilio.net - Salah satu cara menjaga tubuh tetap sehat adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Pastikan setiap harinya, kamu mengonsumsi makanan yang padat gizi dan nutrisi. Makanan yang nggak boleh dilewatkan setiap hari adalah sayuran. Dari banyaknya pilihan, daun pepaya bisa jadi pilihan sayuran untuk dikonsumsi.

Daun pepaya tergolong jadi sayuran yang mudah didapatkan. Jika kamu punya pohon pepaya di pekarangan rumah, tinggal pilih dan petik daun pepaya sesuai kebutuhan. Namun, daun pepaya juga banyak dijual di pasar dengan harga relatif murah.

Meski menyehatkan dan mudah didapat, sejumlah orang juga ada yang enggan mengonsumsi sayur satu ini. Bukan tanpa alasan, daun pepaya memang punya cita rasa pahit. Belum lagi, jika tidak diolah dengan benar, tekstur daun pepaya alot saat dimakan.

Sebagai solusinya, sejumlah orang merebus daun pepaya pakai berbagai bahan tambahan. Seperti asam Jawa, tanah liat, ataupun garam. Proses ini bertujuan mempercepat pengempukan dan mengurangi rasa pahit daun pepaya.

Namun, ternyata ada cara lain yang dinilai lebih simpel saat mengolah daun pepaya. Kamu nggak perlu menyiapkan satu bahan apa pun.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya