Tak perlu diberi garam, ini cara atasi kulit tersiram air panas biar tak melepuh pakai 1 alat

Tak perlu diberi garam, ini cara atasi kulit tersiram air panas biar tak melepuh pakai 1 alat
Mudah dipraktikkan di rumah |

Jadi, tanpa menunggu waktu lama, langsung nyalakan keran dan biarkan air mengalir ke kulit yang baru terkena air panas. Lakukan teknik ini setidaknya selama 10 menit. Pria di akun TikTok @britishredcross ini menjelaskan, kamu juga bisa merendam kulit pakai air dingin dari kulkas kalau keran air di rumah sedang tidak berfungsi.

"You can use any cold liquid that is safe to drink (Kamu bisa gunakan air dingin apapun yang aman untuk diminum)," jelasnya, dikutip BrilioFood dari TikTok @britishredcross pada Selasa (3/10).

Tak perlu diberi garam, ini cara atasi kulit tersiram air panas biar tak melepuh pakai 1 alat

foto: TikTok/@britishredcross

Setelah 10 menit, bungkus tangan pakai plastik atau cling wrap dan biarkan selama beberapa jam. Dilansir dari redcross.org.uk, kulit yang dibungkus cling wrap ini bisa mencegah kulit melepuh atau infeksi akibat terkena air panas.

"Cling film is best to protect a burn as it won't stink, keeps the area clean, and reduces pain by keeping air from the skins surface (Bungkus plastik cling film adalah cara terbaik untuk melindungi cedera karena tidak menimbulkan bau, menjaganya tetap bersih, serta mengurangi rasa sakit lantaran tak ada udara masuk ke permukaan kulit)," jelasnya.

Tak perlu diberi garam, ini cara atasi kulit tersiram air panas biar tak melepuh pakai 1 alat

foto: TikTok/@britishredcross

Gimana, simpel banget kan caranya? Kalau kamu, biasanya pakai cara apa nih buat mengatasi kulit yang terkena air panas? Mengintip kolom komentar di unggahan TikTok @britishredcross yang sudah ditonton 201 ribu kali, ada warganet yang tertarik mencoba cara ini maupun punya cara lain yang disebut-sebut lebih ampuh.

Kamu jugabisa menyediakan Bioplacenton Jelly, obat luka bakar yang mengandung extract placenta dan bahan aktif neomycin sulfate. Untuk membeli salep ini, yuk cek di bawah ini.

"I usually put mustard on it and it stops it lmao (Aku biasanya pakai saus mustard dan reda, lho)," ujar TikTok @user7432599918715.

"on small burns we just put it under cold water then leave liquid soap on it and it really helps (Kalau cederanya sedikit, cukup pakai air dingin lalu dioleskan sabun, cara ini berhasil)," kata TikTok @Trish stokes.

"My mom just tells me to put toospaste and it always works can you tell me any iformantion on this? (Ibuku bilang pakai pasta gigi aja dan selalu berhasil. Bisa nggak sih?)," tanya TikTok @Clxoudy.

@britishredcross Would you know how to treat a burn? #fyp #firstaid #learnontiktok Tap In x TKN - rapidsongs

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya