Tanpa pasta gigi atau tepung, begini trik supaya tangan tak melepuh setelah tersiram air panas

Tanpa pasta gigi atau tepung, begini trik supaya tangan tak melepuh setelah tersiram air panas
foto: YouTube/Seputar Kesehatan

Brilio.net - Memasak pada dasarnya merupakan aktivitas yang punya risiko tinggi. Proses memasak yang melibatkan api kompor dapat berpotensi menyebabkan luka serius. Bagaimana tidak, suhu makanan yang dimasak tentu akan meningkat dan jadi panas. Dalam beberapa kasus, kadang terjadi insiden yang tidak diinginkan, seperti makanan yang dimasak justru tumpah karena tersenggol.

Salah satu kasus yang sering terjadi adalah saat merebus air. Entah karena tangan licin, panci tersenggol, atau membawa panci dengan tidak hati-hati, air panas yang dibawa jadi tumpah begitu saja. Parahnya, air panas ini bisa tersiram ke permukaan kulit dan menyebabkan luka bakar.

Luka bakar akibat tersiram air panas ini bisa melepuh jika dibiarkan begitu saja. Oleh sebab itu, pertolongan pertama harus dilakukan. Ada yang kemudian memilih mengoleskan pasta gigi atau bahkan tepung terigu ke permukaan kulit yang tersiram air panas.

Banyak orang percaya bahwa bahan tersebut bisa mencegah kulit melepuh. Padahal melansir dari kominfo.go.id, drg. Ratu Mirah Afifah GCCLinDent mengungkapkan bahwa penggunaan pasta gigi pada luka bakar justru bisa memperparah lukanya. Sedangkan menaburkan tepung juga tidak direkomendasikan karena dapat menyebabkan infeksi pada luka tersebut.

Memang paling aman, luka bakar dari air panas bisa langsung disiram dengan air (suhu ruang) dan segera diberi obat oles antiseptik. Namun jika tidak ada, kamu bisa menggunakan bahan sederhana yang ada di dapur. Ada sebuah rempah dapur yang bisa dipakai untuk mencegah tangan melepuh usai terkena air panas.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya