Tak perlu pasta gigi, trik bersihkan kerak nasi dan bekas air di rice cooker pakai 2 bahan sederhana

Tak perlu pasta gigi, trik bersihkan kerak nasi dan bekas air di rice cooker pakai 2 bahan sederhana
foto: YouTube/@gianolavlog

Brilio.net - Rice cooker sudah menjadi salah satu perabot dapur yang digunakan hampir setiap hari. Kegunaannya untuk menanak nasi membuat proses memasak jadi lebih cepat dan praktis. Selain itu, hasil nasi yang dimasak dalam rice cooker juga cenderung pulen dan enak.

Seperti perabot dapur pada umumnya, rice cooker ini harus selalu dibersihkan secara rutin agar bisa digunakan dalam waktu yang lama. Selain jadi awet, rice cooker yang selalu bersih juga membuat nasi yang dimasak jadi tak mudah basi dan bau, lho. Bukan tanpa sebab, kondisi rice cooker yang kotor dan penuh kerak dapat membuat nasi yang dimasak jadi menurun kualitasnya.

Namun memang tidak dapat dipungkiri bahwa rice cooker yang digunakan terus menerus bisa jadi kotor dan berkerak seiring waktu. Kerak ini biasanya berasal dari sisa nasi yang menempel di bodi rice cooker. Selain itu, uap air dari proses menanak nasi juga bisa berbekas dan menempel kuat jika tidak segera dibersihkan.

Kerak yang membandel lantas membuat rice cooker cenderung sulit dibersihkan. Karena tidak bisa hanya mengandalkan sabun, sebagian orang lantas memilih untuk menggunakan bahan pembersih lain. Pasta gigi adalah salah satunya. Bahan satu ini dinilai dapat mengangkat kerak dengan lebih ampuh.

Namun alih-alih menggunakan pasta gigi yang masih terpakai, kamu sebenarnya bisa mengandalkan bahan lain, lho. Bahan sederhana ini pernah digunakan oleh pengguna YouTube @gianolavlog. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku menggunakan dua bahan sederhana yang ada di rumah.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya