Trik menghangatkan nasi di rice cooker agar tak berkerak dan menempel di panci, pakai 1 alat ini

Trik menghangatkan nasi di rice cooker agar tak berkerak dan menempel di panci, pakai 1 alat ini
TikTok/@smbutibc

Brilio.net - Rice cooker umumnya digunakan untuk menanak nasi. Namun perabot elektronik satu ini juga kerap dipakai untuk menyimpan nasi yang sudah matang. Biasanya nasi yang disimpan di dalam rice cooker bisa tetap hangat saat sewaktu-waktu hendak disantap.

Sayangnya, menyimpan nasi dalam rice cooker juga memiliki efek lain. Misalnya tekstur nasi akan lebih mudah kering karena disimpan dalam kondisi panas terus-menerus. Nah, nasi yang kering ini malah menempel di dinding inner pot atau panci rice cooker. Semakin lama dibiarkan, nasi tersebut jadi kerak yang sulit sekali dibersihkan.

Hal ini juga dapat terjadi ketika nasi dipanaskan ulang di rice cooker. Karena kondisi dinding inner pot yang terus menerus mengeluarkan suhu panas, maka butiran nasi akan lebih mudah menempel. Hal tersebut lantas membuat nasinya jadi kerak.

Padahal nasi yang telanjur berkerak ini jadi nggak layak dikonsumsi. Bukan tanpa sebab, mengonsumsi nasi yang kering dan keras tentu sulit dikunyah dan menurunkan selera makan. Hal tersebut juga berpengaruh pada porsi nasi yang jadi berkurang karena tak bisa dikonsumsi.

Masalah nasi yang mudah kering dan berkerak ini kerap dialami oleh banyak orang. Salah satunya adalah pengguna TikTok @smbutibc. Melalui video singkat yang diunggah, dia mengaku nasi yang disimpan di rice cooker kerap berkerak. Lantas sekalipun sudah dihangatkan, akan ada kerak baru yang timbul.

Usut punya usut, hal tersebut terjadi karena kondisi rice cooker yang aus. Atau lebih tepatnya, bagian inner pot (panci) di dalamnya sudah rusak karena lapisan antilengketnya yang terkelupas. Oleh sebab itu, semakin lama dipanaskan, panci rice cooker tersebut akan menghasilkan semakin banyak nasi yang berkerak.

Tapi tak perlu khawatir, sebenarnya masalah seperti itu bisa diatasi dengan mudah, lho. Ada satu alat sederhana yang bisa diandalkan dalam menghangatkan nasi agar tak berkerak dan menempel. Pengguna TikTok @smbutibc sendiri menggunakan alat tersebut untuk menghangatkan nasi yang berkerak.

Trik menghangatkan nasi di rice cooker agar tak berkerak dan menempel di panci, pakai 1 alat ini

foto: TikTok/@smbutibc

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya