Jangan cuma pakai minyak kelapa, ini trik menanak nasi putih agar makin kaya serat dan rendah kalori

Jangan cuma pakai minyak kelapa, ini trik menanak nasi putih agar makin kaya serat dan rendah kalori
TikTok/@resepherbalrasulullah

Brilio.net - Mengonsumsi nasi sudah menjadi kebiasaan sebagian masyarakat. Selain mudah didapat dengan harga terjangkau, nasi juga termasuk bahan makanan mengenyangkan. Biasanya sejumlah orang akan mengonsumsinya bersama dengan lauk dan sayur supaya lebih sehat.

Pada dasarnya, banyak jenis nasi yang bisa dikonsumsi berasal dari berbagai jenis beras. Misalnya nasi putih, nasi merah, nasi cokelat, hingga nasi jagung. Di antara jenis nasi tersebut, nasi putih masih kerap jadi pilihan menu makan sehari-hari karena rasanya yang enak.

Setelah ditanak, nasi putih memang memiliki rasa manis alami dan teksturnya pun lembut. Sayangnya, kadar pati pada nasi putih ini termasuk yang paling tinggi di antara jenis nasi lain. Dilansir healthline.com, nasi dari secangkir beras putih biasanya mengandung 45 gram karbohidrat dan menghasilkan 206 kalori. Sedangkan kandungan seratnya hanya 0,4 gram. Cukup rendah, bukan?

Kalori yang tinggi dan kandungan seratnya yang rendah membuat nasi putih sering dihindari oleh orang yang sedang diet. Selain bikin berat badan meningkat, mengonsumsi nasi putih berlebih juga berpotensi mengurangi penyerapan nutrisi penting seperti zinc. Oleh sebab itu, banyak orang memilih membatasi porsinya.

Sebagai gantinya, ada juga yang memilih untuk menerapkan alternatif lain, yakni dengan menambahkan minyak kelapa. Dilansir dari cbsnews.com, menanak nasi dengan tambahan minyak kelapa dapat membuat kalorinya menurun. Pada dasarnya, minyak masuk ke dalam butiran pati saat dimasak dan menambahkan lapisan pelindung, yang akan mengubah struktur butiran beras sehingga menjadi resisten terhadap enzim pencernaan. Hal ini kemudian membuat kalori (dari nasi) yang diserap tubuh jadi lebih sedikit.

Tapi selain menambahkan minyak kelapa, sebenarnya ada bahan lain yang bisa membuat nasi jadi lebih sehat dan kaya serat. Seorang pendakwah sekaligus dokter, dr. Zaidul Akbar pernah menjelaskan hal tersebut lebih lanjut. Melalui akun TikTok @resepherbalrasulullah, dia mengaku menggunakan bahan lain untuk memodifikasi nasi putih agar lebih sehat.

"Masih suka makan nasi putih? Nasi saran saya dimodif nasinya. Supaya nasi-nasi putih itu kan kenapa banyak dilarang? Karena tinggi banget gulanya. Lalu caranya gimana supaya nasi tetap tinggi seratnya? Gampang," ujar dr. Zaidul Akbar dikutip BrilioFood dari TikTok @resepherbalrasulullah, Jumat (13/10).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya