Cuma butuh 15 menit, begini cara cepat dan aman cairkan bunga es tanpa kipas atau disiram air

Cuma butuh 15 menit, begini cara cepat dan aman cairkan bunga es tanpa kipas atau disiram air
TikTok/@tiakanzamu

Brilio.net - Kulkas menjadi tempat yang selalu diandalkan untuk menyimpan berbagai macam bahan makanan. Suhu dingin pada kulkas dapat membuat bahan makanan jadi lebih awet dan tak cepat busuk. Oleh sebab itu, berbagai macam bahan makanan atau bahkan sisa masakan biasanya akan disimpan dalam kulkas.

Di sisi lain, kulkas juga memiliki area dengan suhu yang sangat rendah, yakni freezer. Tempat ini biasa digunakan untuk menyimpan bahan makanan yang lebih rendah basi, misalnya daging, ikan, atau ayam. Saat disimpan dalam freezer, daging akan berubah jadi beku dan tidak busuk hingga berbulan-bulan lamanya.

Memang pada dasarnya, suhu dalam freezer mencapai -18 derajat celcius sampai -20 derajat celcius. Hal inilah yang kemudian membuat bahan makanan di dalamnya jadi beku. Nggak cuma itu, sisa uap atau bahkan air dari bahan makanan yang disimpan di dalam freezer juga akan dingin dan membeku.

Sayangnya, pembekuan ini kerap membuat bunga es dalam freezer jadi menumpuk dan tebal. Kondisi tersebut membuat ruang penyimpanan dalam freezer jadi berkurang drastis. Nggak cuma itu, bahan makanan yang disimpan dalam freezer juga jadi sulit dikeluarkan karena tersangkut bunga es tersebut.

Sedangkan membersihkan bunga es ini merupakan pekerjaan yang cukup merepotkan. Jika telanjur tebal, bunga es baru akan mencair dalam waktu 12 jam. Hal ini tentu dapat memengaruhi bahan makanan yang disimpan di dalamnya.

Lantas supaya lebih singkat, banyak orang kemudian menggunakan trik khusus. Misalnya dengan menyiram freezer menggunakan air panas. Atau ada juga yang berusaha mencairkan bunga es dengan bantuan angin dari kupas. Walau bisa lebih cepat, namun proses ini punya risiko tersendiri, lho.

Menyimpan freezer dengan air panas bisa berpotensi membuat komponen kulkas jadi rusak terkena air panas. Di sisi lain, jika menggunakan kipas, tentu air dari cairnya bunga es bisa menggenang. Jika sudah begitu, kamu harus membersihkan area sekitar kulkas hingga bersih.

Padahal sebenarnya ada trik khusus yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Seorang pengguna TikTok @tiakanzamu pernah membagikannya melalui salah satu video yang diunggah. Dalam video berdurasi 44 detik tersebut, mulanya dia mengaku hendak membersihkan freezer tempat menyimpan ASIP (ASI Perah).

Cuma butuh 15 menit, begini cara cepat dan aman cairkan bunga es tanpa kipas atau disiram air

foto: TikTok/@tiakanzamu

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya