Tak ditambah minyak goreng atau margarin, begini cara menanak nasi supaya tak berkerak dan makin gurih

Tak ditambah minyak goreng atau margarin, begini cara menanak nasi supaya tak berkerak dan makin gurih
TikTok/@jestham.tios

Brilio.net - Makan selain bikin kenyang, berperan penting juga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Pada dasarnya, tubuh membutuhkan karbohidrat, serat, protein, dan vitamin. Sejumlah nutrisi tersebut bisa didapat dari makanan.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, sebagian besar orang akan mengonsumsi nasi putih.

Namun sebelum siap dikonsumsi, nasi yang berasal dari beras harus ditanak terlebih dahulu. Untuk menanak nasi, sebagian besar orang kini menggunakan rice cooker. Alat elektronik satu ini membuat proses menanak nasi jadi lebih cepat, praktis, dan hemat waktu.

Sayangnya, perlu diketahui bahwa penggunaan rice cooker juga memiliki kekurangan tersendiri. Nasi yang sudah matang dan disimpan begitu saja dalam rice cooker biasanya cepat berkerak. Hal ini kerap terjadi ketika rice cooker dibiarkan dalam mode warm (menghangatkan).

Nah, kondisi panci yang panas akan membuat butiran nasi yang menempel jadi kering. Jika sudah kering, nasi tersebut bisa mengeras dan menempel dengan kuat di dinding rice cooker. Selain tidak bisa dikonsumsi, nasi yang berkerak ini juga susah dibersihkan, lho

Demi menghindari hal tersebut, sejumlah orang akan menggunakan trik khusus saat menanak nasi. Salah satu trik yang paling umum dipraktikkan adalah dengan menambahkan minyak goreng atau margarin ke dalam beras yang hendak dimasak. Nah, tekstur minyak dan margarin yang licin ini akan membuat nasi jadi lebih pulen dan tidak mudah berkerak sekalipun disimpan dalam kondisi panas.

Namun tekstur nasi biasanya jadi lebih licin (seperti nasi goreng) jika diberi tambahan minyak atau margarin. Jika kamu kurang suka tekstur nasi seperti itu, tak perlu khawatir, ada bahan lain yang bisa digunakan untuk menggantikan minyak goreng dan margarin. Seorang pengguna TikTok @jestham.tios pernah membeberkan lebih lanjut bahan yang digunakan tersebut.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya