Bukan margarin, ini trik bikin bakwan sayur yang tak menyerap banyak minyak cuma tambah 2 bahan dapur

Bukan margarin, ini trik bikin bakwan sayur yang tak menyerap banyak minyak cuma tambah 2 bahan dapur
foto: TikTok/@rizkaaprianifitri

Brilio.net - Siapa sih yang bisa menolak kelezatan bakwan sayur? Karena saking enaknya, camilan satu ini juga sering dijadikan lauk pendamping nasi, lho. Bukan tanpa alasan, tekstur bakwan sayur yang renyah memang bikin nggak bosan menyantapnya.

Cara membuat bakwan sayur pun terbilang mudah. Irisan sayur yang sudah disiapkan tinggal dicampurkan dengan bumbu, tepung, dan air. Adonan bakwan sayur yang sudah jadi bisa langsung digoreng di minyak panas.

Meski terlihat gampang, banyak orang mengaku mengalami kegagalan saat membuat bakwan sayur. Bukan karena rasanya yang nggak enak, melainkan tekstur bakwan yang tidak sesuai ekspektasi. Alih-alih renyah dan garing, tekstur bakwan justru lembek karena mengandung minyak yang banyak.

Untuk menyiasatinya, sejumlah orang sengaja menambahkan margarin ke dalam adonan bakwan sayur. Selain menambahkan cita rasa, margarin juga bisa membuat tekstur bakwan lebih garing dan renyah tahan lama.

Tapi nggak perlu khawatir kalau stok margarin sedang habis, karena ada bahan lain yang bisa ditambahkan ke dalam adonan agar hasil bakwan renyah dan nggak menyerap banyak minyak. Cara ini sempat ditunjukkan oleh pengguna TikTok @rizkaaprianifitri. Dalam video, tampak perempuan ini mengganti margarin dengan dua bahan dapur lainnya. Meski begitu hasil bakwannya tetap renyah tahan lama karena tak mengandung banyak minyak.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya