Bukan ditambah minyak goreng, ini trik menanak nasi agar makin enak, pulen, gurih, dan tak berkerak

Bukan ditambah minyak goreng, ini trik menanak nasi agar makin enak, pulen, gurih, dan tak berkerak
foto: Facebook/ad3n_cooking

Brilio.net - Mengonsumsi nasi putih sudah menjadi kebiasaan sebagian besar masyarakat Indonesia. Sumber karbohidrat satu ini memang sangat mudah didapat dengan harga terjangkau. Selain itu, rasanya juga enak dan selalu cocok disantap dengan berbagai macam lauk atau sayur.

Untuk mengonsumsi nasi, kamu perlu menanaknya terlebih dahulu dari bentuk beras. Biasanya sebagian besar orang menanak nasi menggunakan rice cooker. Perabot dapur satu ini memang bisa mempercepat proses memasak. Selain itu, hasil nasi juga lebih matang sempurna.

Sayangnya, penggunaan rice cooker juga berpotensi membuat nasi berkerak, lho. Apalagi jika nasi disimpan dalam kondisi rice cooker menyala. Nasi yang telanjur berkerak ini biasanya jadi tidak layak dikonsumsi karena teksturnya keras.

Lantas demi mengatasi hal tersebut, sejumlah orang akan menambahkan bahan lain, seperti minyak goreng. Penambahan sedikit minyak goreng ke dalam beras yang dimasak ini bisa bikin nasi jadi pulen dan tak berkerak. Namun sebenarnya kamu tidak melulu harus menambahkan minyak goreng saat menanak nasi, lho.

Pada dasarnya, ada bahan lain yang bisa menggantikan minyak goreng dalam mencegah nasi berkerak. Bahan ini pernah dibagikan oleh pengguna Facebook ad3n_cooking. Namun tak hanya membuat nasi jadi tak berkerak dan pulen, bahan yang dipakai juga membuat nasi lebih enak dan gurih, lho.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya