Tanpa minyak kelapa, begini cara menanak nasi supaya lebih pulen dan sehat pakai 2 bumbu dapur

Tanpa minyak kelapa, begini cara menanak nasi supaya lebih pulen dan sehat pakai 2 bumbu dapur
foto: YouTube/inimasaku

Brilio.net - Menanak nasi sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia. Bukan tanpa sebab, nasi merupakan makanan yang dikonsumsi untuk memenuhi asupan nutrisi harian. Biasanya nasi ini disantap sebagai menu berat bersama dengan lauk atau sayur-mayur.

Dahulu, menanak nasi umumnya dilakukan di dandang atau panci. Namun kini, banyak orang yang beralih ke rice cooker. Alat elektronik satu ini memang bisa memudahkan penggunanya dalam menanak nasi karena nggak perlu ribet mengaduk atau bahkan mengaduk nasi yang dimasak.

Pada umumnya, nasi bisa matang ketika beras dan airnya hanya dimasukkan ke dalam rice cooker. Namun saat ini ada banyak orang yang kemudian menambahkan sejumlah bahan, seperti minyak kelapa. Penambahan minyak kelapa saat menanak nasi dianggap bisa membuat nasi jadi lebih sehat dan pulen, sehingga tak mudah berkerak.

Namun selain minyak kelapa, sebenarnya ada bahan lain yang bisa digunakan untuk meningkatkan tekstur nasi. Seorang pengguna YouTube inimasaku pernah membagikan cara sederhana dalam menanak nasi agar pulen tanpa minyak kelapa. Dengan tambahan dua bumbu dapur, nasi yang dihasilkan nggak cuma pulen, tapi juga jadi lebih sehat, lho.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya