Tak perlu sitrun dan baking soda, begini trik bersihkan kerak kapur di panci cuma pakai 2 bahan dapur

Tak perlu sitrun dan baking soda, begini trik bersihkan kerak kapur di panci cuma pakai 2 bahan dapur
foto: YouTube/@Gianola Vlog

Brilio.net - Sebagian besar orang biasanya merebus air dalam teko. Namun ada juga yang merebusnya dalam panci. Perabot satu ini memang bisa dipakai untuk merebus dalam air jumlah banyak. Oleh sebab itu, tidak sedikit yang memilih memakai panci daripada teko saat merebus air.

Jika kamu termasuk salah satu orang yang sering merebus air dalam panci, tentu sudah tidak asing dengan masalah kerak. Yup! Panci yang terlalu sering digunakan untuk merebus air biasanya memiliki lapisan kerak putih yang keras dan tebal. Biasanya lapisan kerak ini merupakan endapan kapur dari air yang direbus.

Lapisan kerak kapur pada permukaan panci ini cenderung sulit dibersihkan, lho. Sekalipun sudah disikat berkali-kali dengan spons dan sabun, kerak kapur masih akan menempel dengan kuat. Lantas untuk mengatasi masalah tersebut, sebagian orang biasanya akan menggunakan bahan pembersih khusus, seperti sitrun dan baking soda. Campuran kedua bahan ini dinilai dapat mengangkat kerak membandel sekalipun.

Namun jika kamu sedang tidak memiliki stok sitrun atau baking soda di dapur, tak perlu khawatir, ada bahan lain yang bisa digunakan. Seorang pengguna YouTube @Gianola Vlog pernah membagikan bahan sederhana yang digunakan untuk membersihkan kerak kapur di panci miliknya. Bukan dengan sitrun atau baking soda, dia justru menggunakan bahan yang kerap dipakai sebagai bumbu dapur.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya