Tanpa alas tisu atau kertas, ini trik menyimpan bawang putih agar awet di suhu ruang dengan 1 alat

Tanpa alas tisu atau kertas, ini trik menyimpan bawang putih agar awet di suhu ruang dengan 1 alat
TikTok/@dapurkiya1

Brilio.net - Ada banyak jenis bumbu dapur untuk dicampurkan ke masakan. Salah satu bumbu paling sering digunakan sudah pasti bawang putih. Rasa bawang putih yang gurih dan aroma wanginya memang bikin masakan jadi lebih nikmat saat disantap. Sebut saja tumisan sayur, sup, ayam goreng, dan lain-lain kebanyakan dibuat pakai campuran bawang putih.

Lantaran sering dipakai untuk bikin aneka hidangan, banyak orang memilih menyimpan stok bawang putih langsung dalam jumlah banyak di rumah. Namun, kalau belum tahu cara penyimpanan yang tepat, bisa-bisa bawang putih jadi cepat busuk dan tak bisa digunakan lagi, lho.

Makanya sebagian orang kerap memilih menyimpan bawang putih dengan cara diolah jadi baceman terlebih dahulu. Caranya, bawang putih dihaluskan, dimasukkan ke toples, direndam pakai minyak, kemudian disimpan di kulkas. Selain itu, ada pula yang memilih menyimpan bawang putih yang dikupas, kemudian diberi alas tisu atau kertas saat diletakkan di toples agar tak lembap.

Tetapi, berbeda dengan warganet di akun TikTok @dapurkiya1, wanita ini mengaku punya satu trik sederhana untuk menyimpan bawang putih di suhu ruang saja, tanpa bantuan tisu maupun kertas sama sekali. Menurutnya, trik ini nggak kalah ampuh menjaga bawang putih jadi lebih tahan lama, lho.

Penasaran gimana triknya?

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya