Tanpa bahan tambahan, ini cara menyimpan gula merah agar awet tak meleleh hingga 2 tahun

Tanpa bahan tambahan, ini cara menyimpan gula merah agar awet tak meleleh hingga 2 tahun
foto: YouTube/Dapur Mulya Saroh

Brilio.net - Gula merah atau yang disebut gula aren kerap dijadikan bahan masakan dalam membuat aneka hidangan. Dibandingkan gula pasir, bahan satu ini memiliki rasa yang lebih gurih, lho.

Nggak cuma itu, gula merah juga dikenal lebih sehat dibandingkan gula pasir. Dilansir dari healthline.com, gula merah memiliki kandungan mineral cenderung lebih tinggi dan sedikit kalori dibanding gula putih.

Mengetahui hal itu, tak heran banyak orang yang menyetok gula merah di rumah. Stok gula merah ini harus disimpan dengan benar. Karena jika asal, gula merah akan mudah meleleh dan berjamur.

Iya, permukaan gula merah bisa dipenuhi bintik-bintik putih berupa jamur. Jika sudah seperti ini, tentunya gula merah tidak bisa digunakan kembali.

Untuk meminimalisir hal itu terjadi, kamu bisa meniru yang dilakukan oleh pengguna YouTube Dapur Mulya Saroh. Di salah satu videonya, ia menunjukkan cara bagaimana menyimpan stok gula merah yang benar.

Selain menjaga kualitasnya, cara ini juga bisa membuat gula merah tahan hingga bertahun-tahun, lho. Cara yang dilakukan pun jauh dari kata ribet. Apalagi kamu nggak perlu menyiapkan satu bahan apa pun untuk mempraktikkan cara ini.

Di awal video, perempuan satu ini menunjukkan stok gula merahnya yang tampak berjamur. Hal ini disebabkan karena ia menyimpan stok gula merahnya hanya dalam plastik saja. Lantas, harus gimana?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya