Tanpa baking soda dan direndam air panas, begini trik memutihkan pakaian menguning pakai 2 bahan dapur

Tanpa baking soda dan direndam air panas, begini trik memutihkan pakaian menguning pakai 2 bahan dapur
YouTube/AS Craft Channel

Brilio.net - Bagi orang-orang yang gemar memakai baju berwarna cerah, biasanya kebersihan pakaian akan lebih diperhatikan. Bukan tanpa sebab, kotoran sekecil apapun akan tampak jelas di baju berwarna cerah, apalagi putih. Baju putih cenderung bisa membuat noda jadi sangat terlihat dan tampak kotor.

Noda samar yang berasal dari keringat saja bisa tampak jelas di baju putih. Apalagi noda berwarna, seperti noda makanan dari kunyit, tumpahan kuah masakan, hingga minuman. Noda-noda tersebut bisa membuat baju putih jadi menguning dan penuh bercak.

Noda seperti ini biasanya sulit dibersihkan sekalipun dengan detergen. Oleh sebab itu, banyak orang mengandalkan bahan dan cara mencuci khusus. Misalnya dengan merendam baju dalam waktu yang lama di air panas. Atau ada juga yang memilih mencucinya dengan tambahan baking soda.

Walau ampuh, namun kedua cara tersebut juga memiliki risiko tersendiri, lho. Jika direndam terlalu lama dalam air panas dan detergen, baju justru bisa jadi bau. Sedangkan jika menggunakan baking soda terus menerus, serat pada kain bisa rusak. Potensi rusak ini bisa semakin meningkat pada kain yang memiliki serat halus, seperti wol atau sutra.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan trik memutihkan baju seperti yang dilakukan pengguna YouTube AS Craft Channel. Bukan dengan detergen atau cairan pemutih, dia justru menggunakan bahan sederhana yang ada di dapur. Bahan-bahan dapur tersebut cenderung lebih ampuh menghilangkan noda kuning dan yang penting, tetap aman untuk serat kain.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya