Tanpa pemutih dan sitrun, begini cara ampuh memutihkan pakaian yang menguning pakai 1 bahan dapur

Tanpa pemutih dan sitrun, begini cara ampuh memutihkan pakaian yang menguning pakai 1 bahan dapur
foto: TikTok/@vi.raw

Brilio.net - Sebagian besar orang yang gemar memakai baju berwarna terang biasanya sangat memerhatikan kebersihan baju-baju tersebut. Bukan tanpa sebab, kotoran sekecil apapun cenderung mudah sekali terlihat pada baju berwarna terang, khususnya putih. Sekalipun noda atau kotorannya samar seperti dari keringat, namun akan sangat terlihat di pakaian putih.

Noda-noda samar seperti yang berasal dari keringat ini sekilas memang hanya membuat baju tampak basah. Namun seiring digunakan, noda keringat ini bisa membuat pakaian yang putih jadi tampak lebih kuning, lho. Noda kuning ini akan semakin timbul ketika ada reaksi dengan bahan kimia pada detergen ketika pakaian dicuci.

Untuk kembali memutihkan baju tersebut, banyak orang kemudian mengandalkan cairan pemutih pakaian. Cairan ini memang ampuh menghilangkan noda kuning. Namun jika dipakai terus-menerus, produk pemutih pakaian bisa merusak serat kain, sehingga membuatnya rapuh dan bahkan mudah sobek.

Sebagai gantinya, ada sebagian orang yang kemudian menggunakan bantuan sitrun. Namun sebenarnya ada juga bahan lain yang lebih mudah didapat. Seorang pengguna TikTok @vi.raw mengaku menggunakan bahan sederhana yang ada di dapur untuk memutihkan baju yang telanjur menguning.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya