Tanpa digosok spons, ini trik bersihkan kerak membandel di dasar air fryer cukup pakai 1 bahan dapur

Tanpa digosok spons, ini trik bersihkan kerak membandel di dasar air fryer cukup pakai 1 bahan dapur
foto: TikTok/@vynamoniccaaa

Brilio.net - Hidangan kalau dimasak dengan teknik menggoreng memang paling nikmat untuk disantap. Biasanya, lauk dan camilanlah paling sering dimasak dengan teknik goreng ini. Penggemar gorengan sudah pasti nggak asing dengan olahan ayam goreng, bakwan, pisang goreng, kentang goreng, dan lain sebagainya.

Kalau digoreng, hidangan-hidangan tersebut bisa renyah dan empuk saat disajikan. Umumnya, proses menggoreng bisa dilakukan dengan wajan berisi minyak yang dipanaskan di atas api kompor. Tetapi, di zaman serba canggih seperti sekarang, proses menggoreng bisa dilakukan tanpa minyak dengan alat khusus seperti air fryer.

Cara kerja air fryer hampir mirip dengan oven, yakni mengeluarkan energi panas di suhu tertentu. Bedanya, kalau oven hanya bisa menghantarkan panas ke bagian atas ataupun bawah bahan makanan saja, air fryer bisa menghantarkannya ke seluruh bagian makanan. Pasalnya, alat ini dilengkapi dengan kipas yang akan meniupkan suhu panasnya ke segala arah.

Meskipun canggih dan dapat memudahkan proses memasak, tapi banyak orang dibuat kesal usai memasak dengan air fryer, lho. Pasalnya, bagian dasar wadah air fryer terkadang kotor karena sisa lemak dan bahan makanan lain berjatuhan selama proses memasak.

Tak jarang, noda-noda tersebut mengering dan jadi sulit digosok dengan spons. Hal ini juga kerap dialami oleh warganet di akun TikTok @vynamoniccaaa.

"Jujur kalau pakai air fryer tuh susah banget ngebersihin noda bandelnya nggak sih," tuturnya, dikutip BrilioFood dari TikTok @vynamoniccaaa pada Rabu (7/2).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya