Tanpa dikupas atau dicicipi dulu, pria ini punya trik bedakan jeruk lokal yang manis dan asam

Tanpa dikupas atau dicicipi dulu, pria ini punya trik bedakan jeruk lokal yang manis dan asam
foto: YouTube/Nurul Hasan

Brilio.net - Jeruk menjadi salah satu buah-buahan yang disukai banyak orang. Rasa manis dan aroma citrusnya yang khas membuat buah satu ini kerap dipilih sebagai camilan sehari-hari. Namun selain dikonsumsi langsung sebagai camilan, jeruk juga kerap diolah menjadi dessert lezat seperti es, kue, hingga puding.

Rasa jeruk yang manis tentu bisa membuat aneka olahannya jadi lebih enak. Sayangnya, tidak semua jenis jeruk memiliki rasa manis. Ada yang bahkan terasa asam dan hambar. Hal ini seringkali didapat dari jenis jeruk lokal atau organik yang tidak diberi obat pemanis.

Memang pada dasarnya, butuh trik tertentu untuk membedakan jeruk lokal yang punya rasa manis dan asam. Lantas untuk membedakannya, banyak orang kemudian memilih mencicipi atau mengupas buah jeruk yang hendak dibeli. Padahal, tentu saja tidak semua buah bisa dikupas untuk dicicipi.

Sebagai gantinya, kamu bisa meniru trik membedakan jeruk lokal seperti yang dilakukan seorang pria bernama Nurul Hasan. Melalui akun YouTube pribadinya, Nurul Hasan mengaku bisa membedakan jeruk dari tampilan luarnya. Oleh sebab itu, kamu dapat menirunya dengan mudah.

"Untuk memilih jeruk yang manis, kita harus memilih jeruk yang tua atau yang masak (matang). Kalau jeruk yang dipilih belum matang atau dipanen waktu masih muda, itu pasti kecut atau belum manis. Biasanya sepat-sepat nggak enak," kata pengguna YouTube Nurul Hasan.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya