Tanpa direbus pakai tanah liat, ini cara bikin keripik daun pepaya agar tidak pahit, enak, dan renyah

Tanpa direbus pakai tanah liat, ini cara bikin keripik daun pepaya agar tidak pahit, enak, dan renyah
YouTube/agus cuguy

Brilio.net - Daun pepaya menjadi salah satu bahan masakan yang populer. Selain karena mudah ditemukan, daun pepaya juga memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh. Dilansir dari healthline.com, kandungan di dalam daun pepaya dapat melancarkan sistem pencernaan, menyuburkan rambut, hingga dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Mengetahui hal itu, banyak orang mengolah daun pepaya menjadi berbagai hidangan. Misalnya jadi buntil, gulai, maupun aneka tumisan. Nggak cuma itu saja, ternyata daun pepaya bisa juga diolah menjadi camilan seperti keripik.

Pengolahan keripik daun pepaya ini pun terbilang mudah dan hampir sama dengan cara membuat keripik pada umumnya. Namun, tetap saja kamu harus menggunakan trik khusus agar rasa pahit daun pepaya hilang.

Sebagian orang bahkan merebus daun pepaya menggunakan tanah liat terlebih dahulu untuk menghilangkan rasa pahitnya. Meski efektif, namun proses ini justru malah akan membuat tekstur daun pepaya menjadi lembek. Sehingga keripik yang dihasilkan pun tidak akan renyah.

Untuk meminimalisir kegagalan saat membuat keripik daun pepaya ini, kamu bisa mengamati apa yang ditunjukkan oleh pengguna YouTube agus cuguy. Di salah satu videonya, ia membagikan resep sekaligus tutorial membuat keripik daun pepaya agar tidak pahit, enak, dan renyah.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya