Bukan pakai garam, ini trik simpan es batu dalam termos agar tak mudah mencair di suhu ruang

Bukan pakai garam, ini trik simpan es batu dalam termos agar tak mudah mencair di suhu ruang
foto: YouTube/DAPURE NYONG

Brilio.net - Es batu sering digunakan untuk campuran minuman. Tambahan es batu bisa bikin minuman jadi lebih dingin dan segar. Namun nggak cuma untuk campuran minuman, es batu juga berguna menjaga bahan makanan tetap dingin.

Saat berkegiatan di luar rumah, es batu ini biasanya akan diletakkan dalam termos khusus. Desain termos yang tebal memang dapat membantu es batu tetap dingin. Dengan begitu, bentuknya pun tetap padat karena tidak mencair.

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa suhu luar ruangan yang terik tetap berpotensi bikin es batu mencair. Dalam waktu beberapa jam saja, es batu bisa mencair dan berubah jadi kubangan air yang dingin. Hal ini tentu bikin es batu tidak bisa digunakan lagi.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sebagian orang biasanya menaburkan garam ke atas es batu. Penambahan garam ini memang bisa menurunkan titik beku pada es. Hal inilah yang kemudian membuat es batu dingin dan tidak mencair dalam waktu lama.

Sayangnya, penambahan garam ini hanya cocok diterapkan untuk es batu yang dipakai untuk menyimpan makanan. Es batu ini tidak layak dikonsumsi karena rasa es batu tentu sudah berubah. Jika dijadikan campuran minuman, es batu ini bisa bikin minuman jadi lebih asin.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya