Tanpa ditaburi baking soda, cara emak-emak usir noda gosong dasar panci ini cukup tambah 1 bahan dapur

Tanpa ditaburi baking soda, cara emak-emak usir noda gosong dasar panci ini cukup tambah 1 bahan dapur
TikTok/@ranthis25

Brilio.net - Selagi memasak, tak jarang sejumlah orang juga memilih sambil melakukan kegiatan lain. Apalagi jika proses memasak tersebut membutuhkan waktu relatif panjang, seperti mengolah daging, mengungkep ayam kampung, merebus telur, dan lain sebagainya. Jika dibarengi dengan kegiatan lain seperti bersih-bersih atau nonton TV, otomatis nggak bakal bikin bosan.

Namun, ada kalanya masakan yang sedang ditinggal tersebut justru tak sengaja terlupa dan berujung gosong saking asyiknya melakukan kegiatan lain. Alhasil, masakan jadi gosong dan membuat dasar panci jadi hitam lantaran terlalu lama terpapar panas dari api kompor.

Dasar panci yang sudah telanjur gosong sangat sulit kinclong lagi. Salah satu triknya, kamu bisa membersihkannya dengan taburan baking soda. Bahan pengembang kue satu ini dikenal bersifat abrasif, sehingga ampuh mengangkat noda gosong membandel.

Tetapi, berbeda dengan emak-emak di akun TikTok @ranthis25, ia mengaku punya trik lain yang jauh lebih ampuh. Usut punya usut, meski tak pakai baking soda, ia punya bahan dapur lain yang juga bisa dipakai untuk mengusir noda gosong di dasar panci.

"Sudah berbagai cara saya coba, yang paling ampuh adalah dengan cara ini," tuturnya, dikutip BrilioFood dari TikTok @ranthis25 pada Selasa (21/5).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya