15 Cara membersihkan kerak gosong di pantat panci, praktis andalkan bahan sederhana

15 Cara membersihkan kerak gosong di pantat panci, praktis andalkan bahan sederhana
foto: YouTube/Bunbun Astri

Brilio.net - Panci menjadi salah satu peralatan yang sering dipakai untuk memasak. Namun seiring dengan penggunaannya, bagian pantat panci jadi rentan kotor. Selain itu, lama-kelamaan warnanya juga berubah menjadi menghitam karena sering terpapar api kompor secara langsung.

Jika panci tidak dicuci dengan bersih, bekas paparan api kompor tersebut lama-kelamaan akan menumpuk dan menjadi kerak gosong yang membandel. Kerak gosong di pantat panci pun akan sulit dihilangkan meski sudah digosok dengan sabun cuci piring. Akhirnya banyak orang yang menggunakan bahan tambahan untuk menghilangkan kerak tersebut.

Tak sedikit yang menggunakan bahan dapur sederhana, seperti baking soda, cuka, hingga jeruk nipis. Nah buat kamu yang punya permasalahan serupa pada panci di rumah, kamu bisa meniru cara ini untuk membersihkan kerak gosong di pantat panci. Berikut BrilioFood himpun dari berbagai sumber pada Sabtu (2/3), 15 cara membersihkan kerak gosong di pantat panci.

1. Dicuci pakai cangkang telur.

15 Cara membersihkan kerak gosong di pantat panci, praktis andalkan bahan sederhana

foto: YouTube/Menyam cikuya

Di salah satu videonya, pengguna YouTube Menyam cikuya mengaku mencuci panci miliknya yang berkerak cuma pakai satu limbah dapur saja, lho, yakni cangkang telur. Caranya, cuci terlebih dahulu cangkang telur yang akan digunakan. Kalau sudah, haluskan cangkang telur pakai blender. Jika bentuknya sudah jadi serbuk, tuang ke dalam wadah.

Sebelum digunakan, campurkan serbuk cangkang telur dengan beberapa bahan. Yakni 3 sdm baking powder, sabun colek, dan cuka secukupnya ke dalam wadah.

"Kita aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata," jelasnya dikutip BrilioFood dari YouTube Menyan cikuya.

Oleskan larutan pembersih tersebut ke bagian pantat panci. Nggak perlu ditunggu beberapa menit, langsung gosok-gosok secara menyeluruh. Alhasil, kerak gosong di pantat panci pun jadi memudar.

Agar bersih maksimal, gosok juga seluruh permukaan panci dengan larutan tersebut. Kalau dirasa sudah cukup bersih, bilas panci dengan air biasa."Hasilnya jadi bersih maksimal gini," ucapnya.

(brl/wen)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya