15 Cara membersihkan kerak gosong di pantat panci, praktis andalkan bahan sederhana

15 Cara membersihkan kerak gosong di pantat panci, praktis andalkan bahan sederhana
Ternyata bahan-bahannya sederhana lho. |

9. Digosok pakai campuran lemon dan garam.

15 Cara membersihkan kerak gosong di pantat panci, praktis andalkan bahan sederhana

foto: TikTok/@momdzack

Pemilik akun TikTok @momdzack mengaku punya trik lain yang jauh lebih sederhana, yakni hanya pakai dua bahan dapur biasa dipakai sebagai campuran bahan masakan. Hasilnya, pantat panci yang semula kecokelatan lantaran gosong jadi kinclong lagi.

Semula, siapkan 1/2 buah lemon. Kamu bisa menggunakan lemon jenis apapun, baik impor, lokal, atau bahkan menggantinya dengan jeruk nipis. Lalu, cocol lemon tersebut ke garam. Dilansir dari finewoodworking.com, lemon mengandung asam yang tinggi dan garam memiliki sifat abrasif, sehingga kedua bahan ini efektif untuk mengangkat noda.

"Cocol lemon tadi ke garamnya. Agak banyakan juga nggak apa-apa," imbuh pemilik akun TikTok @momdzack, dikutip BrilioFood.

Jika sudah, gosokkan lemon yang sudah diberi garam tersebut ke pantat panci. Kamu bisa sedikit menekan lemon sembari menggosokkannya ke pantat panci supaya airnya keluar. Saat nodanya sudah luntur, bilas panci dengan air mengalir sampai tak ada sisa garam ataupun lemon lagi.

Hasilnya, pantat panci milik warganet di akun TikTok @momdzack yang semula kotor jadi kinclong lagi. Gimana, gampang banget kan triknya?

10. Digosok pakai campuran pasir, detergen, dan air perasan jeruk nipis.

15 Cara membersihkan kerak gosong di pantat panci, praktis andalkan bahan sederhana

foto: YouTube/IDE KREATIF CHANNEL

Tak memakai baking soda, seorang pengguna YouTube IDE KREATIF CHANNEL punya cara lain untuk membasmi kerak membandel di pantat panci. Di awal videonya, ia menunjukkan penampakan pancinya yang tampak dipenuhi kerak gosong.

"Kerak-keraknya benar-benar tebal gini, ya," ungkapnya dikutip BrilioFood dari YouTube IDE KREATIF CHANNEL).

Mengetahui hal itu, ia langsung menyiram panci dengan air biasa. Setelah seluruh bagian panci basah, ia langsung meracik larutan pembersihnya. Tampak dalam video ia mencampurkan pasir dan detergen bubuk. Karena tekstur pasir kasar, dipercaya ampuh untuk mengangkat noda membandel di permukaan panci nantinya.

Nggak cuma itu, ia juga menambahkan satu bahan dapur, yakni air perasan jeruk nipis. Kalau tidak punya jeruk nipis di rumah, kamu bisa menggantinya dengan jeruk bali atau cuka, ya.

"Kita tambahkan air sedikit lalu aduk-aduk sampai semua bahan tercampur sempurna," ucap pemilik video.

Jika sudah, olesi seluruh permukaan panci dengan larutan pembersih yang sudah dibuat. Nggak cuma bagian pantat (bawahnya) saja, namun olesi juga bagian pinggir panci.

"Diamkan panci selama 1-2 menit sampai larutan pembersih meresap," ungkapnya lebih lanjut.

Jika sudah didiamkan selama 1-2 menit, langsung gosok seluruh bagian panci pakai spons kawat. Tanpa perlu keluarkan tenaga ekstra, seluruh kotoran tampak luntur dengan larutan pembersih yang digosok.

Terakhir, bilas panci dengan air biasa. Sambil digosok-gosok pakai tangan, bilas panci beberapa kali untuk memastikan tidak ada sisa kerak gosok ataupun larutan pembersih di permukaannya.

Hasilnya panci tampak bersih maksimal. Bahkan kalau dilihat dari dekat, tampilannya kembali kinclong seperti baru lagi.

11. Digosok pakai sabun cuci piring dan cuka.

15 Cara membersihkan kerak gosong di pantat panci, praktis andalkan bahan sederhana

foto: YouTube/IDE KREATIF CHANNEL

Ternyata ada cara mudah untuk menghilangkan kerak gosong di panci. Caranya sempat ditunjukkan oleh pengguna YouTube IDE KREATIF CHANNEL. Di unggahan videonya, ia tampak hanya mengandalkan dua bahan dapur untuk membersihkan pancinya. Meski tanpa proses perendaman yang lama, pancinya berhasil kinclong lagi, lho.

Pertama, tuang air ke dalam gayung. Nggak perlu banyak-banyak, tampak warganet ini hanya menggunakan air sebanyak 1/4 gayung.

Setelah itu, masukkan dua bahan dapur yang dipakai. Dalam video, tampak ia memasukkan dua bahan dapur yakni 1 sdm sabun cuci piring dan 2 tutup botol cuka makan ke dalam gayung. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur sempurna.

"Airnya bisa pakai yang panas, tapi saya pakai yang dingin saja nggak masalah," ungkapnya dikutip BrilioFood dari YouTube IDE KREATIF CHANNEL.

Jangan langsung tuang larutan pembersih ke panci. Namun, tutupi seluruh permukaan panci terlebih dahulu dengan sehelai kain bersih.

"Kalau udah, kita siramkan saja seperti ini di kainnya supaya dia meresap. Lalu kita tunggu beberapa menit, ya biar gosongnya ini keangkat," ucap pemilik video.

Setelah didiamkan selama 2 menit, sisihkan kainnya lalu gosok panci. Alih-alih pakai spons kawat, tampak ia pakai serabut kelapa untuk menggosok pancinya.

"Ini digosok pakai pasir juga biar noda gosongnya keangkat dan nggak ninggalin goresan di panci," jelasnya.

Karena sudah didiamkan dengan larutan pembersih tadi, kerak gosong di panci jadi mudah sekali dibersihkan. Tanpa perlu keluarkan tenaga ekstra, tampilan panci langsung bersih seketika.

Terakhir, bilas panci dengan air mengalir. Sambil digosok-gosok pakai tangan untuk memastikan tidak ada sisa kerak gosong ataupun larutan pembersih di panci. Hasilnya panci tampak kinclong lagi, kan?

12. Digosok pakai cairan pembersih porselen.

15 Cara membersihkan kerak gosong di pantat panci, praktis andalkan bahan sederhana

foto: YouTube/Peramasari Puspitarani

Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan bahan lain seperti yang dilakukan pengguna YouTube Peramasari Puspitarani. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan satu bahan sederhana.

Dilansir BrilioFood dari YouTube Peramasari Puspitarani, bahan yang digunakan adalah cairan pembersih porselen atau pembersih kamar mandi.

Langkah pertama, balik dulu pancinya. Lalu langsung siramkan cairan pembersih kamar mandi ini ke pantat panci yang berkerak hitam. Jika sudah, ratakan cairan pembersih sampai menutupi seluruh bagian yang berkerak gosong.

Kemudian diamkan dulu panci dalam kondisi seperti ini selama 2-3 jam. Supaya hasilnya kian maksimal, letakkan panci di bawah sinar matahari agar cairan bisa bereaksi melunakkan keraknya. Menurut Peramasari, menjemur panci di bawah sinar matahari akan membuat cairan pembersihnya meresap dengan lebih cepat.

Jika sudah dijemur, langsung gosok bagian keraknya dengan spatula besi. Setelah itu, siram dengan air dan gosok-gosok lagi menggunakan sabut kawat. Jika keraknya sudah mulai hilang, barulah cuci panci dengan spons dan sabun cuci piring seperti biasa. Terakhir, bilas panci dan keringkan.

13. Digosok pakai campuran garam, sabun cuci piring, dan sitrun.

15 Cara membersihkan kerak gosong di pantat panci, praktis andalkan bahan sederhana

foto: YouTube/Creative TD

Ada bahan pembersih lainnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan kerak gosong di pantat panci. Seperti yang dilakukan oleh pengguna YouTube Creative TD.

Dilansir BrilioFood dari YouTube Creative TD, bahan-bahan yang digunakan ada 1 sdm sitrun, pasta gigi secukupnya, dan air. Sebelum diaduk, ia juga menambahkan dua bahan dapur, yakni 1 sdm garam dan sabun cuci piring sebagai campurannya.

"Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur sempurna," ujar pemilik video.

Kalau sudah tercampur, oles larutan pembersih ke seluruh permukaan pantat panci. Setelah itu, diamkan terlebih dahulu panci selama 30 menit. Hal ini bertujuan agar larutan pembersih bisa bekerja maksimal.

Setelah didiamkan selama 30 menit, langsung gosok pantat panci dengan spons kawat. Karena sudah dioles larutan pembersih, kerak membandel jadi mudah dibersihkan. Iya, digosok sebentar saja, tampilan pantat panci tampak kinclong lagi.

Terakhir, bilas panci dengan air bersih. Sambil digosok-gosok untuk memastikan tidak ada kerak gosong ataupun larutan pembersih yang masih tersisa. Hasilnya, bagian pantat panci yang awalnya berwarna hitam dipenuhi kerak gosong jadi kinclong kembali.

14. Digosok pakai sabun colek.

15 Cara membersihkan kerak gosong di pantat panci, praktis andalkan bahan sederhana

foto: TikTok/@resephematmudah

Warganet di akun TikTok @resephematmudah punya cara yang menurutnya ampuh dan mudah banget mengangkat noda gosong di pantat panci. Yakni, hanya menggunakan sabun colek. Caranya, cukup oleskan sabun colek ke seluruh bagian pantat panci, terutama yang ada noda gosong.

Selanjutnya, panci tersebut bisa dipakai untuk memasak seperti biasa meski masih terdapat sabun colek di bawahnya. Nah, setelah digunakan, baru panci tersebut dapat dibersihkan. Cukup gosok pantat panci menggunakan spons yang sudah dibasahi. Kalau dirasa noda gosongnya hilang, baru bilas dengan air mengalir.

"Selesai digunakan, cuci dengan spons lembut, dan bilas," jelas pemilik akun TikTok @resephematmudah, dikutip BrilioFood.

15. Digosok pakai detergen dan pasir kuning.

15 Cara membersihkan kerak gosong di pantat panci, praktis andalkan bahan sederhana

foto: YouTube/Media Ckm

Biasanya untuk membersihkan noda dan kerak yang membandel di dapur solusinya yaitu menggunakan baking soda. Tetapi seorang pengguna YouTube bernama Media Ckm menunjukkan caranya membersihkan noda hitam di pantat panci tanpa menggunakan baking soda.

Dilansir BrilioFood dari YouTube Media Ckm, ia mempraktikkan langsung cara menghilangkan kerak hitam yang ada di pantat panci yang ia miliki hanya menggunakan dua bahan saja. Bahan yang digunakan yaitu deterjen dan pasir kuning. Namun, jika susah mendapatkan pasir kuning, bisa menggunakan pasir biasa yang ada di sekitar. Kemudian untuk alat yang perlu disiapkan yaitu kawat pencuci piring.

Langkah pertama, basahi terlebih dahulu pantat panci yang akan dibersihkan kerak hitamnya. Kemudian tuang bubuk deterjen di permukaan pantat panci, setelah itu diratakan agar seluruh permukaan panci tertutupi deterjen.

Langkah kedua, beri pasir di atas permukaan pantat panci yang sebelumnya sudah dilumuri deterjen. Setelah itu ratakan pasir ke atas permukaan pantat panci sampai tertutupi semuanya. Kemudian tuang lagi deterjen ke atas permukaan panci dan diamkan kurang lebih 5 menit.

Langkah ketiga, jika sudah 5 menit. Siapkan ember yang berisi air, kemudian sikat bagian pantat panci menggunakan kawat pencuci piring. Sikat sampai kerak pada pantat panci hilang.

"Nah temen-temen bisa liat sendiri, ini bukan rekayasa noda pada pantat panci langsung bersih. Awalnya gelap, ini langsung bersih dan hilang nodanya," ujar YouTube dengan akun @Media Ckm.

(brl/wen)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya