15 Cara membersihkan kerak di dasar rice cooker ini mudah, andalkan bahan sederhana di rumah

15 Cara membersihkan kerak di dasar rice cooker ini mudah, andalkan bahan sederhana di rumah
TikTok/@sabakimia_

Brilio.net - Rice cooker digunakan untuk memudahkan dan mempercepat proses menanak nasi. Beras yang ditanak dengan alat ini bisa matang hanya dalam waktu sekitar 30 menit.

Namun, karena dipakai hampir setiap hari, rice cooker pun rentan kotor dan berkerak. Tak jarang juga muncul noda gosong di bagian dasar rice cooker.

Noda-noda tersebut membuat tampilan rice cooker jadi terlihat kusam dan buluk. Selain itu, noda dan kotoran tersebut juga dapat menjadi sumber kuman. Maka dari itu, sebaiknya segera dan rutin dibersihkan, ya.

Untuk menghilangkan noda kerak di dasar rice cooker ini sejumlah orang pun memanfaatkan pasta gigi. Bahan sederhana yang bisa dipakai untuk menggosok gigi ini dipercaya ampuh mengangkat noda gosong di dasar rice cooker.

Tapi ternyata, kamu tak harus mengandalkan pasta gigi, lho. Ada beberapa bahan sederhana lain yang dapat pula kamu jadikan sebagai bahan membersihkan kerak di dasar rice cooker.

Bahannya apa saja dan bagaimana cara memebersihkan kerak di dasar rice cooker? Simak rangkuman BrilioFood dari berbagai sumber pada Rabu (28/2), 15 cara membersihkan kerak di dasar rice cooker ini mudah, andalkan bahan sederhana di rumah.

1. Direndam air panas selama 5 menit.

15 Cara membersihkan kerak di dasar rice cooker ini mudah, andalkan bahan sederhana di rumah

foto: TikTok/@bundanyaichazakira

Melalui salah satu video yang diunggah oleh pengguna TikTok @bundanyaichazakira, dia mengaku hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk membersihkan kerak nasi di rice cooker. Durasi ini lebih cepat tanpa perlu membuang waktu hingga semalam suntuk.

Pengguna TikTok @bundanyaichazakira ketika membersihkan kerak di dasar rice cook, menggunakan air panas. Yup, air panas pada dasarnya akan membuat kerak melunak dengan lebih cepat. Sedangkan butiran nasi yang lunak akan lebih mudah terangkat saat digosok halus dengan spons.

Untuk cara pakainya lebih lanjut, cukup siapkan air yang sudah direbus sampai benar-benar mendidih. Jika sudah, langsung tuang airnya ke dalam panci rice cooker yang penuh kerak nasi. Pastikan seluruh keraknya terendam sempurna, ya.

Jika sudah diberi air panas, cukup diamkan selama 5 menit saja. Dalam durasi waktu yang singkat ini, kerak yang keras akan melunak karena paparan air panas tadi. Nah, setelah direndam, benar saja bahwa nasi yang sebelumnya menempel sudah terlepas dengan sendirinya dan mengendap di bagian bawah panci.

Langkah selanjutnya, gosok-gosok bagian dalam panci untuk memastikan tidak ada kerak yang menempel. Setelah itu, buang air dan semua butiran nasi di dalam panci. Barulah kemudian cuci panci rice cooker dengan spons halus dan sabun cuci piring. Terakhir, bilas sampai bersih dan keringkan panci rice cooker.

Cara ini sangat efektif dilakukan untuk menjaga lapisan panci tetap bagus (tidak lecet). Selain itu, kamu juga bisa menerapkan metode ini saat sedang terburu-buru hendak menanak nasi namun belum sempat membersihkan panci sebelumnya. Dengan begitu, kamu bisa langsung menanak nasi dalam kondisi panci rice cooker bersih.

2. Digosok dengan cuka.

15 Cara membersihkan kerak di dasar rice cooker ini mudah, andalkan bahan sederhana di rumah

foto: YouTube/Casa Aila

Seorang pengguna YouTube Casa Aila pernah membagikan trik membersihkan noda gosong di dasar rice cooker. Bukan dengan pasta gigi, dia justru mengandalkan bahan dapur, yakni cuka.

Dilansir dari YouTube Casa Aila, hal pertama yang harus dilakukan adalah menuang sedikit cuka ke permukaan yang gosong. Setelah itu, ratakan dengan jari. Barulah kemudian gosok menggunakan sabut kawat.

Nah, jika cukanya sudah kering, tambahkan lagi sedikit demi sedikit cuka lagi. Lalu gosok terus sampai keraknya terangkat. Jika sudah, lap dengan tisu kering untuk mengangkat sisa cuka dan noda gosong yang sudah luntur.

Dalam video tersebut, pengguna YouTube Casa Aila mengulangi proses tersebut hingga beberapa kali. Karena noda gosongnya cukup tebal, jadi dia menuang cuka dan menggosoknya beberapa kali setelah mengelap bagian dasar rice cooker dengan tisu. Sembari menggosok, dia menjelaskan bahwa cuka tersebut bisa dicampur baking soda jika ingin prosesnya lebih mudah.

Namun dengan cuka sekalipun, rice cooker ini bisa tetap bersih dan kinclong, lho. Bagian gosong yang berkerak tebal sudah berkurang drastis. Hal ini menandakan bahwa cuka saja tetap bisa dipakai untuk menghilangkan noda membandel.

3. Digosok dengan pasta gigi dan cuka.

15 Cara membersihkan kerak di dasar rice cooker ini mudah, andalkan bahan sederhana di rumah

foto: TikTok/@shobat_milenial

Pengguna TikTok @shobat_milenial tampak menunjukkan penampakan dasar rice cookernya yang kehitaman. Alih-alih menggosoknya pakai larutan baking soda, warganet ini mengaku punya racikan pembersih khusus. Dilansir dari TikTok @shobat_milenial, ia mencampurkan pasta gigi dengan satu bahan dapur, yakni cuka makan di dalam mangkuk. Aduk-aduk kedua bahan ini sampai tercampur sempurna.

Kalau sudah, oleskan racikan pembersih ke seluruh bagian rice cooker. Diawali dengan bagian tutup rice cooker, tampak ia juga menggosoknya pakai sikat gigi bekas. Setelah itu, gosok bagian dasar rice cooker. Lakukan dengan perlahan agar racikan pembersih bisa merata mengenai seluruh bagian dasar rice cooker.

Penampakan dasar rice cooker lama-kelamaan tampak kinclong kembali. Kerak gosong berwarna hitam memudar bahkan hilang seketika. Kalau sudah dirasa bersih, usap seluruh permukaannya dengan tisu basah.

"Lumayan hilang lah ya," ungkap pemilik video.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya