Tanpa micin atau garam, ini trik merawat tanaman cabai agar berbuah lebat cukup tambah 1 bumbu dapur

Tanpa micin atau garam, ini trik merawat tanaman cabai agar berbuah lebat cukup tambah 1 bumbu dapur
Bisa disiramkan setiap 7 hari atau 10 hari sekali |

Jadi, bahan yang dimaksud adalah kunyit. Gunakan beberapa ruas kunyit, lalu ulek hingga halus tanpa mengupas kulitnya sama sekali. Jika sudah halus, langsung larutkan kunyit tersebut ke dalam 1 liter air.

Dilansir dari typeset.io, kunyit mengandung beberapa khasiat seperti protein, flavonoid, tanin, vitamin C, antioksidan, dan lain sebagainya. Bahkan, selain bisa meningkatkan kemampuan akar tanaman untuk menyerap nutrisi, kunyit juga dipercaya untuk menurunkan risiko tanaman terkena hama, lho.

"Kalau ingin tanaman subur, berbuah lebat, dan buahnya besar-besar, itu kuncinya penyerapan unsur hara dari dalam tanah melalui akar itu bisa terserap secara maksimal," imbuh pemilik akun YouTube belajar organik, dikutip BrilioFood pada Kamis (4/1).

Tanpa micin atau garam, ini trik merawat tanaman cabai agar berbuah lebat cukup tambah 1 bumbu dapur

foto: YouTube/belajar organik

Larutan kunyit inipun tak perlu difermentasi sama sekali, jadi bisa langsung digunakan untuk menutrisi tanaman. Caranya, ambil 100 ml air larutan kunyit, kemudian campurkan dengan 20 liter air. Aduk rata, kemudian siramkan ke tanaman. Setiap pohon cabai bisa disiram dengan 100 ml air larutan tersebut.

Pemilik akun YouTube belajar organik menjelaskan, pemberian air larutan kunyit ini bisa dilakukan setiap 7 hari atau 10 hari sekali. Di samping itu, agar pohon cabai lebih subur, kamu pun bisa mengatur waktu pemberian air kunyit sehari sebelum memberikan pupuk. Pasalnya, kunyit bisa membantu akar pohon cabai menyerap nutrisi dari pupuk lebih maksimal.

"Atau diberikan 1 hari sebelum melakukan pemupukan, itu diberikan larutan (kunyit) ini. Jadi nanti (nutrisi dari pupuk) bisa terserap secara maksimal, sehingga tanaman kita bisa tumbuh dan berproduksi secara optimal, ya," tegas pemilik akun YouTube belajar organik.

Tanpa micin atau garam, ini trik merawat tanaman cabai agar berbuah lebat cukup tambah 1 bumbu dapur

foto: YouTube/belajar organik

Nah, sederhana banget kan trik merawat tanaman cabai ini? Mengintip unggahan YouTube belajar organik yang sudah ditonton 3.000 kali, tak sedikit warganet yang antusias ingin mencoba merawat pohon cabai seperti ini juga, lho.

"Itu sering di pake sama orang jaman dulu tuk semprot ke tanaman cabe.. Hasil ny bagus juga. Ga kalah sama ZPT buatan pabrik. Tpi ya harus telaten. 1 minggu sekali," tulis YouTube @watdiyanto4127 dan dibenarkan oleh pemilik video, "Betul sekali bosku."

"Maaf kang,tanya jika semprot bisa digunakan,JK bisa brp dosisnya,suwun," tulis YouTube @hidenhumairus4251 dan mendapat balasan, "Seratus Mili pak."

"Apakah kunyit bisa untuk tanaman yg lain seperti tanaman jagung," tutur YouTube @user-km4kg1ir7f yang dijawab "Bisa pak," oleh pemilik video.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya