Tanpa pemanis buatan, ini cara bikin kolak pisang agar tetap manis, tidak sepat, dan tak cepat basi

Tanpa pemanis buatan, ini cara bikin kolak pisang agar tetap manis, tidak sepat, dan tak cepat basi
YouTube/Eddy Siswanto

Brilio.net - Kolakdisukai banyak orang karena rasanya yang manis dan bikin nagih. Ada banyak bahan yang bisa dipakai untuk membuat kolak, salah satunya yakni pisang.

Cara membuat kolak pisang pun terbilang mudah. Potongan pisang tinggal direbus dengan santan dan campuran gula merah. Agar lebih harum, bisa tambahkan seikat daun pandan atau vanili ke dalam air rebusan. Tunggu sampai mendidih, kolak pisang pun siap untuk disajikan.

Meski terbilang mudah, nyatanya masih banyak yang mengalami kegagalan saat membuat kolak pisang sendiri di rumah . Pasalnya, campuran santan membuat kolak pisang cepat basi. Nggak cuma itu, terkadang kolak pisang yang dihasilkan justru terasa sepat atau asam saat dimakan. Sebagai solusinya, sejumlah orang sengaja menambahkan pemanis buatan ke dalam kolak pisang.

Namun, kalau kamu nggak mau pakai pemanis buatan pun sebenarnya bisa lho mengakali agar kolak tetap manis dan tak sepat. Tanpa pemanis buatan pula, kolak pisang bisa tahan lama alias tak mudah basi.

Nggak perlu khawatir, karena kamu bisa meniru cara membuat kolak pisang yang ditampilkan oleh pengguna TikTok @gerobakwarisan2. Di unggahan videonya, warganet ini memberikan resep sekaligus tutorial membuat kolak pisang supaya rasanya tidak sepat, tetap manis, dan tak mudah.

[tautan silang_1]

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya