Tanpa perlu dibalik, begini cara bikin telur ceplok agar kuningnya cantik di tengah dan tak gosong

Tanpa perlu dibalik, begini cara bikin telur ceplok agar kuningnya cantik di tengah dan tak gosong
foto: TikTok/@haniazari

Brilio.net - Ada banyak bahan masakan yang simpel banget untuk dibuat, salah satunya telur. Sumber protein satu ini bisa diolah dengan berbagai cara, seperti dibuat orak-arik, digoreng jadi telur dadar, direbus, atau dimasak jadi telur ceplok. Di antara semuanya, telur ceplok pasti dianggap sebagai olahan telur paling sederhana.

Pasalnya, durasi proses pembuatan telur ceplok memang paling singkat, karena tinggal memecahkan telur ke atas wajan yang sudah dipanaskan di atas kompor. Lalu, tunggu sampai matang, baru telur ceplok bisa diangkat dan disajikan sebagai lauk. Di tengah-tengah prosesnya, telur ceplok juga bisa diberi bumbu sesuai selera.

Di samping itu, banyak orang memilih membalik telur ceplok agar telur bisa matang secara keseluruhan. Namun, proses membalik telur ceplok ini terkadang bikin bentuknya tak beraturan. Padahal, kalau bentuknya bulat, kuningnya di tengah, dan hasilnya nggak gosong, pastinya kamu akan semakin percaya diri saat menghidangkan telur ceplok, kan?

Nah, salah seorang warganet di akun TikTok @haniazari punya rahasia tentang cara bikin telur ceplok agar kuningnya cantik di tengah dan tak gosong, lho. Usut punya usut, cara ini dapat dilakukan tanpa membalik telur ceplok sama sekali. Meski begitu, hasil telur ceploknya bisa tetap matang sempurna.

"Simak tips dari aku supaya telur ceplok kamu pinggirnya nggak keras dan tengahnya nggak kering," tuturnya, dikutip BrilioFood dari TikTok @haniazari pada Senin (11/3).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya