Trik agar roti tawar di kulkas tetap lembut dan awet berbulan-bulan

Trik agar roti tawar di kulkas tetap lembut dan awet berbulan-bulan
Patut Dicoba Di Rumah. |

"Lifehack yg mungkin kalian belum tau, simpen roti tawar di freezer bisa bertahan sampe hitungan bulan," ungkapnya, dikutip BrilioFood dari Twitter/@Widino pada Rabu (28/12).

Trik agar roti tawar di kulkas tetap lembut dan awet berbulan-bulan

foto: Twitter/@Widino

Menurutnya, dengan disimpan di freezer, roti tawar kondisinya akan tetap bagus dan lembut seperti masih baru. Caranya, roti tetap dibiarkan di dalam bungkusnya dalam keadaan tertutup atau bisa pula dipindahkan ke toples. Kemudian, letakkan begitu saja roti tawar di freezer.

"Ajaib, rotinya masih bagus, kering, ga basah sama sekali, tetep empuk, lembut, sama kaya roti baru. Sejak tau cara ini ga pernah lagi buang2 roti karena expired atau jamuran," ujarnya.

Nantinya, saat ingin mengonsumsi roti tawar, tinggal ambil beberapa lembar seperlunya. Saat dikeluarkan dari freezer, pastinya roti masih dalam keadaan beku. Tinggal didiamkan di suhu ruang beberapa menit saja, roti tawar akan kembali lembut seperti semula, bahkan tanpa berair sama sekali, lho.

"Sama sekali ga berair atau basah. Ambil yg mau dimakan aja, sisanya masukin freezer lagi," jelasnya.

Trik agar roti tawar di kulkas tetap lembut dan awet berbulan-bulan

foto: Twitter/@Widino

Dino juga menjelaskan, meski roti tawar disimpan di freezer dan sudah melewati tanggal yang tertulis di kemasan, tidak masalah. Pasalnya, tanggal di kemasan tersebut hanya sebagai "best before date" atau tanggal selama kondisi masih bagus. Artinya, dibekukan di freezer membantu menjaga kondisi roti tetap bagus dalam waktu lebih lama, sehingga tetap aman dikonsumsi meski sudah melewati tanggal yang tertera di kemasan.

Roti tawar yang masih bagus untuk dikonsumsi biasanya juga ditandai dengan belum adanya tanda-tanda munculnya jamur. Biasanya, bisa dilihat dari warna roti tawar yang masih tak ada perubahan apapun dan aromanya tetap fresh. Hal ini dijelaskan pula oleh Dr. Irvan Kartawiria, ilmuan di bidang Rekayasa Bioproses. Dijelaskan oleh Irvan, saat roti masuk freezer, jamur tidak bisa tumbuh karena suhu dingin.

Trik agar roti tawar di kulkas tetap lembut dan awet berbulan-bulan

INFOGRAFIS TRIK AGAR ROTI TAWAR DI KULKAS TETAP LEMBUT DAN AWET BERBULAN-BULAN
© 2022 brilio.net/Rakha Kharista

"Nggak ada reaksi kimia khusus.. Dengan masuk freezer, jamur nggak bisa tumbuh karena suhunya terlalu dingin. Udara freezer juga lebih kering dibandingkan ruangan rumah kita, jadi jamur makin sulit hidup. Kombinasi kondisi udara dan pengawet makanan bikin roti makin panjang umur," jelasnya dikutip dari Twitter/@Pak_Irv.

Gimana, sekarang sudah tahu kan cara menyimpan roti tawar biar tetap awet? Mulai sekarang, nggak ada lagi yang namanya buang-buang roti tawar lantaran membusuk, kan? Unggahan seputar roti tawar di Twitter/@Widino ini juga mendapat banyak antusias dari warganet, lho. Tak sedikit yang mengaku merasa terbantu dengan adanya informasi tersebut.

"Sedih, aku kira kalo udah lebih dari tanggal nggk boleh dikonsumsi. Padahal selama ini aku sering buang roti tawar karna dah lewat tgl exp. Walaupun belum berjamur sama sekali. Huhuu maafkan aku rotii ," ungkap Twitter/@permen_penthul.

"Metode yg saya terapkan jaman sekolah dulu. Utk mengirit living cost, sharing food sama temen satu flat yg student dr Jepang. Roti dimasukkan ke freezer supaya awet. Nasi juga yg udah mateng dibentuk bulat2 lalu dibungkus wrap masukkan ke freezer," jelas Twitter/@ramenchuka.

"Setuju, mas! Sebagai yg biasa nyetok roti bikinan sendiri di rumah, cara ini emang lbh efektif dibanding nyimpan rotinya di chiller krn roti akan lbh cepat kering," seru Twittwe/@pramitayaa.

"Ini emg betull pas kerja di hotel sekali produksi roti tawar & gandum selalu dibungkus pake plastik wrap trus masukin ke freezer kalau bsknya mau dipakai harus dipindahin dulu ke chiller / di thawing dlu," kata Twitter/@everynay6.

"Bener pak, dulu pas masih kerja di pastry hotel kek gini juga. Ga cuma roti tawar aja tapi banyak macam roti disimpan di freezer biar tahan lama, tapi tetap pake metode FIFO ya pas mau dikonsumsi," imbuh Twitter/@chanjuck.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya