Tak perlu presto, ini 5 cara memasak ikan mas supaya durinya lunak dan bisa dimakan

Tak perlu presto, ini 5 cara memasak ikan mas supaya durinya lunak dan bisa dimakan
foto: YouTube/aisie ayah fabilq

Brilio.net - Siapa yang suka menyantap olahan ikan mas? Biasanya, ikan mas diolah menjadi berbagai macam menu seperti pepes ikan, ikan mas goreng tepung, kuah kuning, dan masih banyak lagi. Rasanya yang gurih dan tekstur dagingnya yang lembut membuat ikan air tawar ini jadi favorit banyak orang.

Meskipun enak dan dagingnya lembut, namun rupanya tidak sedikit orang yang akan berpikir dua kali saat hendak menyantap ikan mas ini. Hal tersebut tak terlepas dari duri ikan mas yang banyak duri dan menempel hampir di seluruh bagian ikan. Saat dimakan, duri-duri ini bisa dengan mudah tersangkut di tenggorokan. Kalau sudah seperti itu, tentu jadi hal yang kurang menyenangkan.

Tapi tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat duri ikan mas lunak. Proses memasak ikan mas bisa membuat durinya jadi lebih lunak, bahkan bisa dimakan tanpa khawatir menyangkut di tenggorokan. Biasanya, untuk membuat bagian durinya lunak, banyak yang mengandalkan panci presto.

Panci presto sendiri bisa menghasilkan tekanan dari akumulasi uap panas yang mampu membantu melunakkan duri ikan mas. Tapi jika tak punya panci presto di rumah, bisa manfaatkan pakai alat dapur lainnya yang lebih mudah didapat. Pengguna YouTube dengan channel bernama 'aisie ayah fabilq' membeberkan cara memasak ikan mas agar durinya lunak menggunakan rice cooker yang berukuran cukup besar.

"Kali ini akan memasak ikan mas ini tanpa duri, karena durinya akan selunak dagingnya. Kemudian memasaknya santuy seperti kita menanak nasi," ungkap YouTube/aisie ayah fabilq.

Dalam videonya, ikan mas tersebut dimasak jadi menu arsik, makanan khas Batak. Pria tersebut pun turut membagikan bahan dan bumbu dapur yang digunakan. Nah, penasaran kan, bagaimana caranya? Yuk, langsung simak lebih lanjut lima cara memasak ikan mas agar lunak durinya, dilansir BrilioFood pada Selasa (27/12).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya