Agar matang merata dan tidak gosong, begini trik bakar ikan berukuran besar

Agar matang merata dan tidak gosong, begini trik bakar ikan berukuran besar
foto: YouTube/@Elfys doang

Brilio.net - Selain olahan daging, ikan dikenal sebagai salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh. Di Indonesia sendiri, ikan menjadi santapan paling disukai dan sangat mudah ditemukan. Ditambah, harga ikan relatif lebih terjangkau jika dibandingkan dengan daging merah. Ikan sendiri bisa diolah menjadi berbagai menu hidangan yang menggugah selera.

Selain goreng, ikan bakar juga menjadi olahan ikan yang banyak digemari. Dagingnya yang lembut dan bumbu yang meresap hingga ke tulang bikin ikan bakar selalu menggugah selera. Apalagi kalau ikan bakar yang disajikan memiliki ukuran besar, sehingga cocok dikonsumsi bersama keluarga.

Selain membeli di restoran atau tempat makan, kamu bisa membuat ikan bakar sendiri di rumah. Pasalnya, cara membuat ikan bakar cukup mudah. Sebelum dibakar, ikan dimarinasi terlebih dahulu dengan bumbu. Meski terbilang cukup mudah saat mengolahnya, membakar ikanukuran besar ternyata nggak bisa dilakukan sembarangan, lho.

Tak seperti ikan kecil, yang bisa langsung diletakkan pada alat bakaran, ikan berukuran besar memiliki tantangan tersendiri saat dibakar. Jika asal-asalan, ikan bakar yang dihasilkan tidak enak, dikarenakan bumbunya yang tidak meresap. Lantaran dagingnya yang tebal, tak sedikit juga yang mengalami ikan bakarnya tidak matang secara merata atau terdapat bagian yang gosong.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya