Trik menghilangkan bau amis pada telur ikan, mudah dan sederhana

Trik menghilangkan bau amis pada telur ikan, mudah dan sederhana
foto: pexels.com/mp1746

Brilio.net - Dikenal dengan sebutan tobiko, biasanya telur ikan khas Jepang disajikan bersama sushi. Nggak salah, kalau telur ikan jadi salah satu menu yang mudah ditemukan di berbagai restoran Jepang. Namun, masakan Indonesia ternyata juga banyak yang terbuat dari telur ikan, lho.

Layaknya daging ikan, bagian telur ikan ini juga punya cita rasa yang lezat dan nutrisi tinggi. Dilansir dari healthifyme.com, telur ikan ini memiliki asam lemak omega-3, eicosapentaenoic acid, DHA, dan vitamin B-12. Kandungan tersebut bisa menyehatkan sel-sel otak, menjaga kondisi jantung, mengurangi inflamasi, mencegah tubuh terkena penyakit kronis, serta meningkatkan energi untuk beraktivitas sehari-hari.

Sebelum diolah jadi hidangan lezat, penting untuk membersihkannya terlebih dahulu, karena telur ikan ini memiliki aroma cenderung amis. Bukan hanya pakai air mengalir, bisa pula gunakan aneka bumbu dapur yang sederhana untuk membantu menghilangkan aroma amis di telur ikan ini.

Menghilangkan aroma amis pada telur ikan memang gampang-gampang susah. Meski begitu, ada banyak tutorial membersihkan telur ikan yang ada di media sosial. Salah satunya yang bagikan channel YouTube/Nuraini khan Nur. Pemilik channel ini menggunakan bahan-bahan mulai dari jahe, bubuk kunyit, lada putih, dan garam. Menurutnya, keempat bahan ini ampuh untuk menghilangkan bau amis telur ikan.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya