Cara menghilangkan bau amis yang melekat di tangan, dijamin ampuh

Cara menghilangkan bau amis yang melekat di tangan, dijamin ampuh
foto: TikTok/@yulianicasperosma

Brilio.net - Bagi sebagian orang, bau amis cukup menganggu. Biasanya, aroma kurang sedap ini ditimbulkan dari bahan-bahan makanan, seperti ikan, daging, hingga jeroan. Tapi di balik aromanya tersebut, bahan-bahan makanan ini rasanya enak dan kaya akan gizi. Selain itu, bahan makanan tersebut juga mudah diolah jadi berbagai macam menu makanan.

Bau amis yang menempel cenderung susah dihilangkan, baik pada alat masak atau alat makan. Tidak hanya itu, bau amis juga bisa menempel di tangan saat bersentuhan langsung dengan bahan makanan tersebut. Bau amis di tangan terkadang cukup sulit dihilangkan, meskipun sudah dibasuh berkali-kali dengan sabun.

Namun jangan risau, ternyata ada cara yang cukup ampuh untuk menghilangkan bau amis yang melekat di tangan. Kamu bisa meniru cara yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @yulianicasperosma. Menurutnya, bau amis di tangan bisa dihilangkan dengan beberapa bahan.

Dilansir BrilioFood pada Rabu (31/8), setelah membersihkan jeroan ikan dan babat yang memiliki bau amis menyengat, pengguna TikTok tersebut mulanya mencuci tangan dengan air mengalir. Lalu dia menggosok kedua telapak tangannya dengan jeruk sambal yang sudah dibelah dua.

Cara menghilangkan bau amis yang melekat di tangan, dijamin ampuh

foto: TikTok/@yulianicasperosma

Jika ingin bau tangannya lebih segar, lebih baik gunakan jeruk nipis yang memiliki aroma citrus lebih kuat. Kemudian bilas lagi di air mengalir. Setelah itu, oleskan pasta gigi di tangan lalu gosok hingga merata. Nah, pasta gigi ini lah yang jadi kunci untuk menghilangkan bau amis di tangan.

Dilansir dari mybackyardlife.com, pasta gigi jadi salah satu cara alternatif untuk menghilangkan bau amis. Hal tersebut lantaran pasta gigi kerap digunakan untuk menghilangkan bakteri dan bau mulut saat membersihkan gigi. Cara yang sama juga berlaku untuk menghilangkan bau amis di tangan.

Aroma yang kuat dan beberapa kandungan di pasta gigi dapat mengangkat bau amis akibat minyak pada kulit ikan yang menempel di tangan. Namun jika terdapat bagian tangan yang terluka, sebaiknya hindari penggunaan pasta gigi karena akan membuat kulit mengalami iritasi.

Cara menghilangkan bau amis yang melekat di tangan, dijamin ampuh

foto: TikTok/@yulianicasperosma

Setelah digosok dengan pasta gigi, bilas tangan dengan air mengalir hingga benar-benar bersih. Jika ingin memastikan bau amis benar-benar hilang, cuci tangan lagi menggunakan sabun dan air seperti biasa. Dengan begitu, bau amis di tangan bisa hilang dengan sempurna. Setelah itu, jangan lupa pakai pelembap biar kulit tangan nggak kasar.

Cara menghilangkan bau amis yang melekat di tangan, dijamin ampuh

foto: TikTok/@yulianicasperosma

Cara menghilangkan bau amis menggunakan odol ini ternyata juga bisa dipraktikan untuk tangan setelah menyentuh terasi, lho. Terasi sendiri juga memiliki bau yang melekat dan sulit hilang. Hal ini pun turut dia ungkapkan melalui video tersebut.

"Dan odol pun juga bisa dipakai kalau lagi makan sambal terasi atau belacan, ya. Jadi susah ngilanginnya, boleh bersihin pakai odol," jelasnya.

Cara menghilangkan bau amis yang melekat di tangan, dijamin ampuh

foto: TikTok/@yulianicasperosma

Warganet TikTok pun turut menanggapi video yang telah disukai lebih dari 19 ribu kali tersebut. Ada yang menganggap bahwa cara itu jauh lebih ampuh untuk menghilangkan bau amis di tangan jika dibandingkan menggunakan sabun. Selain itu, ada juga warganet yang mengaku mendapat ilmu baru dan akan langsung mencobanya di rumah.

@yulianicasperosma Tips hilangkan bau amis habis bersih2 ikan #360HKFoodMoments #fyp #berbagiilmu I'm Yours (Instrumental Version) - Instrumental Pop Songs & Soft Background Music

"Sama aku juga pasti pakai pasta gigi , jauh lebih efektif dr pada sabun meski berkali-kali," papar TikTok/@edithsa2801.

"Thanks tipsnya mamak, perlu dicoba nih krn klw cuma pake sabun gak ilang2 bau amisnya," kata TikTok/@buclyy_81.

"Wah nice info,, coba ah," ungkap TikTok/@heldha_kanran.

"Trmksh mamak, baru tau ini," tulis akun TikTok/@merika_ners.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya