Cara membuat tulisan dari cokelat untuk hiasan kue, simpel dan cepat

Cara membuat tulisan dari cokelat untuk hiasan kue, simpel dan cepat
foto: TikTok/@carinaberry

Brilio.net - Membuat kue sering dianggap sebagai keahlian istimewa yang dimiliki seseorang. Sebab, saat membuat kue diperlukan ketelitian dan ketekunan. Kue sendiri banyak sekali jenisnya. Mulai dari kue basah, kue kering, brownies, cup cake, muffin, kue tart, dan masih banyak lagi lainnya.

Nah, sejumlah kue tersebut kerap membutuhkan hiasan biar penampilannya lebih cantik saat disajikan. Hiasan kue bisa menggunakan makanan yang dibuat dari bahan apapun sesuai kreativitas masing-masing. Bahkan, di pasaran juga sudah banyak tersedia aneka hiasan kue berbagai bentuk yang bisa dibeli.

Namun, umumnya hiasan yang dijual di pasaran tersebut nggak bisa dimakan. Kalau ingin membuat hiasan yang bisa dimakan, kamu bisa pakai buah-buahan, daun mint, krim, keju, kacang-kacangan, maupun cokelat, nih. Cokelat sering jadi pilihan bahan untuk menghias kue, baik yang sudah berbentuk maupun dibentuk ulang.

Nah, membuat hiasan kue seperti tulisan ternyata cukup mudah dibuat. Hal ini dibuktikan oleh salah seorang pengguna TikTok bernama Carina. Lewat akun TikTok/@carinaberry, ia membagikan cara simpelnya membuat hiasan kue dari cokelat. Ia menggunakan jenis cokelat yang mudah meleleh jika terkena panas.

"Worked so much better this time (kali ini berhasil)," ungkapnya dilansir BrilioFood padaSelasa (30/8).

Cara membuat tulisan dari cokelat untuk hiasan kue, simpel dan cepat

foto: TikTok/@carinaberry

Cokelat dilelehkan tanpa membuang bungkusnya dengan panci berisi air mendidih. Jika cokelat sudah meleleh keseluruhan, kemudian angkat dan keringkan bungkusnya. Jika bungkus cokelat sudah kering dan cukup hangat, gunting sedikit bagian ujungnya untuk mengeluarkan cokelat.

Jangan langsung dihias ke kue, cokelat harus dihiaskan ke dalam mangkuk berisi air dan es. Suhu dingin dari air es ini bisa membantu cokelat mengeras dan nggak mudah meleleh kembali saat dihias ke kue, lho. Bisa dibentuk dengan berbagai tulisan maupun gambar sesuai selera masing-masing.

Cara membuat tulisan dari cokelat untuk hiasan kue, simpel dan cepat

foto: TikTok/@carinaberry

Setelah itu, cokelat yang sudah berbentuk tulisan tersebut bisa diangkat dan dihias ke kue. Namun, saat mengangkat sebaiknya gunakan dua buah penjepit atau sendok biar cokelat tak hancur. Harus berhati-hati pula saat mengangkat cokelat jika ukurannya cukup besar biar nggak mudah patah.

Cara membuat tulisan dari cokelat untuk hiasan kue, simpel dan cepat

foto: TikTok/@carinaberry

Video milik Carina yang diunggah pada 2 Juni 2022 lalu ini berhasil menarik perhatian warganet. Selain dapat ratusan ribu likes, di kolom komentarnya banyak warganet yang memuji cara Carina membuat hiasan dari cokelat. Tak sedikit juga yang penasaran ingin mencobanya.

@carinaberry Reply to @michellepaul091 worked so much better this time #chocolate #kitchenhacks #diy #chocolatelover Sugar - Maroon 5

"Next time with white chocolate please, (Lain kali pakai cokelat putih dong)," kata TikTok/@ .

"Game changer!!! (Ini penemuan baru!)," seru TikTok/@Brandi.

"Brilliant (Cerdas)," puji TikTok/@Tan Nguyen.

"What a great way (Cara yang bagus)," ungkap TikTok/@Angel sami.

"Very good idea,will try it definately (keren, ingin coba)," ujar TikTok/@GeethaGov.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya