Trik memotong brokoli agar bagian kepala bunganya nggak terbuang

Trik memotong brokoli agar bagian kepala bunganya nggak terbuang
foto: TikTok/@monmackfood

Brilio.net - Mengonsumsi sayur penting buat menjaga kondisi kesehatan tubuh agar tetap stabil. Nah, salah satu jenis sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi sehari-hari adalah brokoli. Sayuran hijau ini sudah terkenal dengan nutrisi dan segudang manfaat yang baik bagi tubuh.

Dilansir dari healthline.com, brokoli mempunyai mineral, komponen bioaktif, antioksidan, serat, vitamin, dan lain-lain. Dengan mengonsumsinya, brokoli bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, mengontrol kadar gula darah, menyehatkan pencernaan, menjaga berat badan ideal, dan lain sebagainya.

Nggak heran kan, kalau sayur satu ini dijuluki dengan istilah super food. Nggak cuma menyehatkan, brokoli juga mudah diolah karena masaknya nggak perlu waktu lama. Namun, saat memotong brokoli sebelum dimasak, bunga-bunga kecil pada brokoli memang sangat mudah terlepas, sehingga biasanya dibuang begitu saja.

Hal tersebut tentu bikin porsinya berkurang. Nggak perlu khawatir, karena ada trik memotong brokoli agar tetap utuh tanpa ada yang terbuang. Kamu bisa meniru food hack yang dibagikan pengguna TikTok bernama Montana. Ia mengaku sangat terganggu dengan butiran bunga brokoli yang terbuang saat dipotong.

"It's super annoying when you chopping broccoli and get little fragments everywhere (Sangat menyebalkan jika memotong brokoli dan potongannya berhamburan ke mana-mana)," ucapnya dilansir BrilioFood pada TikTok/@monmackfood, Jumat (26/8).

Trik memotong brokoli agar bagian kepala bunganya nggak terbuang

foto: TikTok/@monmackfood

Untuk mengatasi hal tersebut, ia tak lagi memotong brokoli dalam keadaan segar. Namun, ia rendam terlebih dahulu bunga atau kepala brokolinya di panci berisi air. Air yang ia gunakan pun dalam keadaan panas lantaran sudah direbus terlebih dahulu sampai mendidih. Posisikan bonggol brokoli di bagian atas biar mudah memegang brokoli.

Trik memotong brokoli agar bagian kepala bunganya nggak terbuang

foto: TikTok/@monmackfood

Saat direndam pun, menurutnya tak perlu terlalu lama. Cukup dalam waktu beberapa detik saja sampai dirasa brokoli cukup lembap. Setelah itu, brokoli bisa diangkat dan ditiriskan untuk dipotong seperti biasa. Dijamin, hasilnya bikin bunga-bunga kecil di brokoli tak lagi mudah berjatuhan dan terbuang sia-sia.

Trik memotong brokoli agar bagian kepala bunganya nggak terbuang

foto: TikTok/@monmackfood

Video milik Montana yang diunggah pada 2021 lalu tersebut sudah ditonton jutaan kali dan mendapat banyak like. Selain banyaknya like, kolom komentarnya pun dipenuhi berbagai respon menarik. Tidak sedikit yang sangat terbantu dengan kitchen hack soal brokoli ini, lho.

@monmackfood Is it a hack? Idk but it’s handy :) follow for more food stuff #foodhack #broccoli #cookinghack original sound - Montana

"My life has been changed (Hidupku jadi berubah)," ungkap TikTok/@Jack Dawson.

"I usually just snap them off as it annoys me too much cutting it up (Biasanya langsung aku buang karena ganggu banget)," kata TikTok/@bulju.

"Oh man why did you not tell me this half an hour ago (bro kenapa nggak bilang dari sejam yang lalu)," ujar TikTok/@Claire.

"Wow great idea! I’m definitely going to try it (Wow ide bagus! Aku pasti coba)," tulis TikTok/@Clemmo.

"Thank you!!!! I eat it almost everyday and always making a mess (Terima kasih!!!! Aku hampir setiap hari makan brokoli dan selalu berantakan potongnya)," ucap TikTok/@Fanzww.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya