Trik jitu memisahkan jagung dari daunnya, bersih tanpa serabut

Trik jitu memisahkan jagung dari daunnya, bersih tanpa serabut
foto: TikTok/@meadweaver

Brilio.net - Bagi sebagian orang, jagung bisa jadi salah satu bahan makanan yang wajib jadi stok di rumah. Bahan makanan satu ini bisa diolah jadi beragam menu simpel buat sehari-hari. Selain itu, jagung juga bisa jadi makanan pengganti nasi yang bikin kenyang.

Selain itu, jagung juga memiliki nutrisi yang baik dikonsumsi secara rutin. Dilansir dari webmd.com, jagung kaya vitamin C dan antioksidan. Jagung bisa mencegah kerusakan sel-sel tubuh dan mencegah berbagai penyakit, seperti kanker dan jantung.

Meski mudah diolah, namun mengupas jagung sendiri ternyata tak sesederhana cara mengolahnya, lho. Pasalnya, jagung kebanyakan masih terbungkus daun dan serabut yang memang membutuhkan waktu cukup banyak untuk membersihkannya.

Rupanya, daun dan serabutnya nggak harus kamu lepaskan satu persatu, lho. Cara ini diperlihatkan seorang kreator konten di TikTok/@meadweaver yang membagikan trik makan jagung tanpa harus kerepotan membersihkan daun dan serabutnya. Sejak mengetahui cara ini, ia mengaku jadi sering mengonsumsi jagung, lho.

"This changed my life (Cara ini merubah hidupku)," ungkapnya, dilansir BrilioFood pada Jumat (26/8).

Pertama-tama masukkan jagung utuh yang masih terbungkus dengan daun ke dalam microwave. Microwave diatur sesuai alat masing-masing untuk memasak jagungnya sampai matang. Buat yang tak pakai microwave di rumah, jagung juga bisa dipanaskan dengan alat pengukus, lho.

Trik jitu memisahkan jagung dari daunnya, bersih tanpa serabut

foto: TikTok/@meadweaver

Setelahnya, jagung diletakkan di atas talenan terlebih dahulu. Kemudian, pakai pisau yang tajam dan cukup besar untuk memotong ujung jagung. Pegang bagian ujung satunya untuk mengeluarkan jagung, caranya dengan menahan daunnya sembari mendorong agar jagung keluar dari ujung atas yang sudah dipotong.

Trik jitu memisahkan jagung dari daunnya, bersih tanpa serabut

foto: TikTok/@meadweaver

"There is no silk on that (Tidak ada serabutnya lagi)," ungkap TikTok/@meadweaver usai memisahkan jagung dari daunnya.

Dengan cara ini, tak perlu lagi mencabuti sisa-sisa serabut yang masih menempel di jagung bukan? Jagung lantas bisa langsung dinikmati begitu saja maupun dicampur pakai aneka bumbu, keju, susu kental manis, daging, telur, sayuran, maupun bahan makanan lainnya.

Trik jitu memisahkan jagung dari daunnya, bersih tanpa serabut

foto: TikTok/@meadweaver

Video milik TikTok/@meadweaver ini sempat viral dan ditonton jutaan kali oleh warganet, lho. Kolom komentar video yang diunggah pada 21 Juli 2022 ini pun dipenuhi komentar menarik karena tak sedikit yang terinspirasi dan mencobanya sendiri di rumah.

@meadweaver This changed my life #cornonthecob #food #sweetcorn #hack #tipsandtricks original sound - Meadmaker

"That is amazing I wouldn’t have cut off as much but I’m definitely trying it (Luar biasa. Aku nggak mau memotongnya terlalu lebar tapi cara ini benar-benar akan kucoba)," ujar TikTok/@lexiesmom11.

"Ran straight to my bag of corn!! works (langsung ambil jagung!! berhasil)," ungkap TikTok/@rocketytockety.

"Wow! Just wow!!! I ran to the kitchen to test this and perfectly cooked no strings attached!!! Haha game changer! (Wow! Aku langsung ke dapur buat mencoba dan benar-benar matang tanpa serabut lagi!! Haha ide baru!)," kata TikTok/@KrAzY KaT.

"That's the way I've cooked mine for years. it's so good. (Aku sudah pakai cara ini bertahun-tahun. Praktis banget)," ujar TikTok/@wandagannmuir.

"It does works just as he said. We tried it last night and the corn was perfect. (Benar-benar berhasil seperti yang dia katakan. Kami coba semalam dan jagungnya sempurna)," tulis TikTok/@Dana Nunamaker di kolom komentar.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya