Trik ampuh usir semut dalam toples gula, pakai rempah dapur

19 / 08 / 2022 13:01 WIB Annathiqotul Laduniyah
Trik ampuh usir semut dalam toples gula, pakai rempah dapur
foto: TikTok/@ningmariana04

Brilio.net - Gula merupakan salah satu bahan penting di dapur. Pasalnya, gula sangat berguna untuk menyeimbangkan rasa pada masakan, terlebih pada masakan dengan rasa yang cenderung manis seperti aneka kue, puding, es krim. Selain itu, gula juga kerap diandalkan sebagai bahan tambahan pada minuman supaya rasanya lebih enak.

Tak heran kalau gula termasuk salah satu bahan makanan yang selalu di-stok dalam jumlah banyak di rumah. Biar lebih mudah digunakan kapan saja, umumnya gula dimasukkan dalam toples dan diletakkan di bagian dapur yang mudah dijangkau.

Meski sudah disimpan dalam toples, bukan berarti gula bisa terhindari dari masalah, terutama terhindar dari keberadaan semut. Seperti diketahui, semut dikenal sebagai hewan yang menyukai makanan manis. Oleh karena itu, tak heran jika terkadang gula yang berada di tempat terbuka sangat mudah mendatangkan semut.

Pada dasarnya tak sulit mengantisipasi keberadaan semut di sekitar tempat penyimpanan makanan. Beberapa orang biasanya mengandalkan kapur khusus untuk mengusir serangga dan semut bisa hilang dengan sendirinya. Namun apa jadinya jika stok gula dalam toples yang justru dikerubungi oleh banyak semut?

Terlebih, saat semut sudah bercampur dengan gula dan berpotensi akan memengaruhi rasa jika digunakan untuk memasak. Gula tersebut jadi tidak layak dikonsumsi dan bisa terbuang sia-sia. Namun masalah seperti ini pada dasarnya memiliki solusi yang ampuh, lho.

Jika dihadapkan dengan fenomena tersebut, jangan buru-buru membuang gula dalam toples. Ada trik yang bisa dipraktikan untuk mengusir semut dengan ampuh tanpa ribet. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa jenis rempah-rempah yang umum digunakan untuk memasak.

Trik ampuh usir semut dalam toples gula, pakai rempah dapur

foto: TikTok/@ningmariana04

Cara ini dibagikan oleh pemilik akun TikTok/@ningmariana04. Dilansir BrilioFood pada Jumat (19/8), cukup siapkan sepotong kayu manis, satu buah bunga lawang atau pekak, dan satu buah kapulaga. Rempah-rempah ini bisa ampuh untuk mengusir semut secara alami, lho.

Trik ampuh usir semut dalam toples gula, pakai rempah dapur

foto: TikTok/@ningmariana04

Dalam video berdurasi 26 detik tersebut, tampak ada banyak semut yang terdapat dalam toples gula pasir dengan tutup yang terbuka. Lantas, pemilik akun TikTok/@ningmariana04 tersebut pun memasukkan kayu manis, bunga lawang, dan kapulaga ke dalamnya. Setelah itu, biarkan toples gula pasir dalam kondisi terbuka. Diamkan hingga kurang lebih 4 jam.

Rempah-rempah seperti kayu manis, bunga lawang, dan kapulaga cenderung memiliki aroma yang kuat dan menyengat. Aroma tersebut justru tidak disukai oleh semut. Sehingga jika diletakkan dalam toples gula yang bersemut, maka semut-semut tersebut akan pergi dengan sendirinya.

Trik ampuh usir semut dalam toples gula, pakai rempah dapur

foto: TikTok/@ningmariana04

Nah, setelah 4 jam, tampak toples gula pun sudah bersih dan tidak ada semut di dalamnya. Jika toples gula sudah dipastikan bersih dari semut, segera tutup kembali toples gula hingga rapat supaya semut tidak masuk kembali ke dalam toples.

Sedangkan untuk upaya pencegahan, kamu juga bisa mengoleskan bubuk kayu manis di pinggiran mulut toples gula dan celah lain yang bisa dijadikan tempat masuk semut. Aroma kayu manis tersebut dapat mencegah semut untuk masuk dan mengontaminasi stok gula di dapur.

Trik ampuh usir semut dalam toples gula, pakai rempah dapur

foto: TikTok/@ningmariana04

Video yang telah ditonton lebih dari 2 juta kali itu turut menarik perhatian warganet. Bahkan ada yang memberi trik lain saat hendak mengusir semut dalam toples gula. Selain menggunakan rempah, bisa juga dengan meletakkan toples di atas kompor gas. Hawa panas pada kompor dapat mengusir semut dengan sendirinya.

"Saya kalau banyak semut di gula tinggal letakkan aja di atas kompor gas , Alhamdulillah hilang dengan sendiri semutnya .." jelas TikTok/@khairunnisadamanik11.

Selain cara tersebut, beberapa warganet juga mengaku baru mengetahui dan berterima kasih karena mendapat ilmu baru untuk mengusir semut dalam toples gula. Namun ada juga yang mengaku terlanjur membuang gula yang telah banyak dikerubungi semut.

@ningmariana04

cara saya mengusir semut di gula pasir

suara asli - ningmariana04

"Astaga baru tau aku, selama ini tempat gula ku buat ada wadah yang ada air nya agar semut ilang," ungkap TikTok/@gerda_25091995.

"Kemarin sekilo GULAKU dibuang gegara DISEMUTIN MASIH DALAM PELASTIKNYA. pas dibuka banyak bgt jd geli sendiri," kata akun TikTok/@rahmaemmareal.

"Terimakasih ya bunda," ujar pengguna TikTok/@laviledhiver.

"Sangat bermanfaat bun," papar akun TikTok/@roy_mustank.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Siomay Bandung

  • Mochi Gulung

    Mochi Gulung

  • Sawi Putih Crispy Asam Manis

    Sawi Putih Crispy Asam Manis

  • Spaghetti Brulee Sambal Ijo

    Spaghetti Brulee Sambal Ijo

Review

Selengkapnya