Cara jitu atasi masakan lengket di wajan saat digoreng, pakai 1 bahan

Cara jitu atasi masakan lengket di wajan saat digoreng, pakai 1 bahan
TikTok/@tresnasarie

Brilio.net - Menggoreng termasuk salah satu metode memasak untuk mematangkan bahan makanan. Makanan yang digoreng umumnya memiliki tekstur garing dan renyah. Banyak orang yang gemar mengonsumsi makanan serba digoreng seperti ikan goreng, ayam goreng, lumpia, bakwan, dan lainnya.

Meski tampak mudah, namun menggoreng makananbisa saja sulit bagi beberapa orang. Salah satu permasalahan yang kerap dihadapi saat menggoreng adalah makanan tersebut malah lengket di wajan. Beberapa bahan makanan seperti daging, ikan, telur atau camilan berbahan dasar tepung kerap menempel di wajan.

Makanan yang lengket di wajan cenderung bisa cepat gosong maupun berpotensi meninggalkan kerak. Sisa kerak makanan kemudian cenderung sulit dibersihkan. Sehingga dapat berpengaruh pada kualitas minyakdan makanan yang akan digoreng setelahnya.

Pada dasarnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan masakan lengket di wajan saat digoreng. Mulai dari penggunaan minyak kurang banyak, kondisi wajan yang belum kering saat digunakan, hingga suhu api terlalu besar.

Namun, jika masakan sudah terlanjur lengket saat digoreng, kamu bisa mengatasinya dengan mudah, lho. Dilansir BrilioFood dari akun TikTok/@tresnasarie pada Jumat (26/8), dia menjelaskan trik khusus bagaimana mengatasi masakan lengket di wajan.

Pada awal video, dia memperlihatkan ketika masakan yang tengah digoreng lengket dan susah diangkat dari wajan.

Cara jitu atasi masakan lengket di wajan saat digoreng, pakai 1 bahan

foto: TikTok/@tresnasarie

Siapkan 1-2 siung bawang merah yang telah dicuci tanpa perlu dikupas dan dipotong-potong. Kemudian, masukkan bawang merah tersebut ke dalam wajan berisi minyak panas. Campuran minyak panas dan bawang merah akan membuat wajan menjadi antilengket.

Cara jitu atasi masakan lengket di wajan saat digoreng, pakai 1 bahan

foto: TikTok/@tresnasarie

Selain dapat membuat bakwan atau masakan yang digoreng lebih mudah dibalik, bawang merah juga bisa menambah cita rasa dan aroma gurih pada masakan seperti gorengan. Namun, biar lebih efektif dan tidak lengket, jangan terlalu sering membolak-balik masakan sebelum matang dan kering sempurna, ya.

Cara jitu atasi masakan lengket di wajan saat digoreng, pakai 1 bahan

foto: TikTok/@tresnasarie

Cara jitu ini bisa diterapkan saat menggoreng jenis makanan apapun, mulai dari camilan maupun ikan. Namun jika hendak menggoreng ikan, pengguna TikTok tersebut menyarankan untuk menambahkan bawang merah terlebih dahulu ke dalam minyak panas sebelum memasukkan ikan.

"bisa buat goreng apa aja bund,lebih bagusnya pas ikan belum dimasukin masukin bawangnya lebih dulu," jelasnya melalui kolom komentar.

Video yang telah ditonton lebih dari 200 ribu kali ini sukses membuat warganet terkesima. Tidak sedikit penghuni dunia maya turut memberikan pujian dan terima kasih karena mendapat ilmu baru.

"lgs nyobaa, terimakasih infonya," kata akun TikTok/@heny_ast.

"ciuuuss itu ya .. besok gw praktekkin dah..," ujar akun TikTok/@_17hanyabutirandebu.

"mksh infonya..baru tau," tulis TikTok/@lestaridewi49 dalam kolom komentar.

"makasih kak ilmu barunya akan aq cobaa ," ungkap pengguna TikTok/@atikred123456789.

"Beneran itu bs bgtu, besok dicoba, makasih Infonya ," saut TikTok/@bundakei10.

Nah, buat kamu yang kerap menghadapi masalah masakan lengket di wajan, cara jitu ini bisa banget diterapkan di rumah. Nggak perlu lagi pusing menghadapi wajan yang tiba-tiba lengket yang menimbulkan kerak.

@tresnasarie semoga bermanfaat#cooking #happycooking original sound - edric.tjandra

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya