Cara usir lalat dari makanan, ampuh cuma pakai satu bumbu dapur

Cara usir lalat dari makanan, ampuh cuma pakai satu bumbu dapur
TikTok/@hidenma

Brilio.net - Serangga barangkali memang bukan jenis binatang yang berbahaya, namun kehadirannya di ruangan justru seringkali menjengkelkan karena dianggap mengganggu. Serangga seperti lalat bisa jadi salah satu indikator kondisi rumah yang kurang bersih.

Hal ini lantaran lalat dianggap sebagai hama karena bisa mendistribusikan kuman saat hinggap di makanan. Namun tidak hanya pada makanan, lalat juga bisa menempelkan kuman jika hinggap pada minuman atau peralatan rumah tangga lainnya. Sehingga bisa jadi sumber penyakit.

Oleh karena itu, cara mengusir lalat menjadi hal penting yang perlu diketahui agar makanan terhindar dari bakteri maupun kuman. Umumnya, orang akan mengipas makanan untuk mencegah lalat hinggap. Namun cara lawas ini justru tidak bertahan lama, lalat akan kembali hinggap lagi. Bisa juga membuat makanan jadi mudah dingin. Jika dikipas manual, tangan jadi pegal.

Sedangkan kalau pakai kipas elektrik malah boros listrik. Apabila menggunakan obat semprot pengusir serangga, akan sangat mungkin partikel pestisida dari obat tersebut justru mengontaminasi makanan.

Nah, baik di rumah maupun untuk pelaku bisnis kuliner, tentunya perlu tahu bagaimana cara mengusir lalat dengan benar, nih.

Salah satu akun TikTok @hidenma memberikan trik mudah mengusir lalat yang hinggap di makanan. Dikutip BrilioFood dari TikTok/@hidenma pada Kamis (25/8), dia menampilkan banyaknya lalat yang beterbangan di atas makanan yang dijajakan.

Untuk mengusir lalat-lalat tersebut, dia menggunakan dua kipas manual. Namun cara ini masih membuat lalat berdatangan kembali. Akhirnya, dia memilih menggunakan cara lain yang lebih ampuh.

Cara usir lalat dari makanan, ampuh cuma pakai satu bumbu dapur

foto: TikTok/@hidenma

Pertama-tama, siapkan cabai merah dan peralatan seperti tali rafia serta plastik bening. Masukkan cabai merah ke dalam plastik. Lalu isi plastik dengan air. Ikat plastik secara langsung atau bisa juga menggunakan karet. Kemudian kaitkan dan ikat bagian ujung plastik dengan tali rafia yang sudah disiapkan sebelumnya.

Cara usir lalat dari makanan, ampuh cuma pakai satu bumbu dapur

foto: TikTok/@hidenma

Kemudian gantung bungkusan air cabai tersebut di tempat yang banyak lalatnya. Siapa sangka, tak lama kemudian lalat pun hilang dan tidak mengerubungi makanan lagi. Plastik berisi air ini dapat berfungsi untuk menipu penglihatan lalat yang memiliki 3.000-6.000 mata, lho.

Air pada plastik pada dasarnya bersifat memantulkan cahaya. Nah, pantulan cahaya pada air tersebut bisa membuat penglihatan lalat silau dan bingung. Sedangkan fungsi cabai sendiri berguna untuk menimbulkan warna merah pada silauan air. Hal ini sontak dapat mengusir lalat secara otomatis.

Penjelasan ilmiah tersebut juga turut dijabarkan oleh seorang warganet melalui kolom komentar.

"coba jelasnya secara ilmiah, sebelum gue ngatain penglaris ," tanya akun TikTok/@allhailsatan.666.

"Lalat benci yang namanya cahaya apa lagi kalau silau ! nah dibuat cabe supaya cahayanya membias warna merah dan silau lalat pigi deh," sahut TikTok/@disappointed____a.

Cara usir lalat dari makanan, ampuh cuma pakai satu bumbu dapur

foto: TikTok/@hidenma

Disukai lebih dari 100 ribu pengguna TikTok, video milik TikTok/@hidenma mendapat berbagai macam tanggapan unik dari warganet.

"kadang waktu panen ayam di kampung selalu banyak bgt lalat di kampung sampe tidur siang pun ga tenang akhirnya ada caranya makasih," ungkap akun TikTok/@yaaxga.

"lalatny ketar ketir," kata pengguna TikTok/@rzkiexgapra.

"biar pedes di mata lalatnya, kan banyak tu matanya lalat," tulis TikTok/@marzel_s turut menanggapi.

Bahkan ada juga yang berbagi pengalaman lucu lain ketika mengusir lalat dengan cara sama.

"dulu pernah buka warung jajanan trs biar ngga ada lalatnya disebelah box nya ditaruh plastik isi air eh malah dikira penglaris," papar TikTok/@seichhan.

@hidenma tips mengusir lalat jaman dulu.#tipsandtricks #foryou #itsyou #BlenderJuara #fyp#manfaat #17agustus #bl #jerman #indonesia #amerika #jawa Woman - Doja Cat

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya